Universitas Mulawarman

Berita

Images Images Images Images Images Images Images Images Images

Universitas Mulawarman

UNMUL Dorong Transparansi dan Efisiensi Layanan Publik Lewat Penguatan PPID dan ULT

Universitas Mulawarman (UNMUL) terus berupaya memperkuat sistem layanan publik yang transparan dan akuntabel melalui kegiatan Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta Unit Layanan Terpadu (ULT) yang digelar di Ruang Rapat Rektorat UNMUL lantai 3 pada Selasa (14/10/2025).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor UNMUL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Ir. Sukartiningsih, M.Sc., Ph.D., IPU. Dalam sambutannya, Sukartiningsih, Ph.D., menegaskan pentingnya komitmen seluruh unit dan pimpinan fakultas untuk memperkuat sistem layanan publik universitas, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kita ingin UNMUL melompat dari kategori tidak informatif menuju informatif. Hal ini tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi dengan kerja sama semua pihak, mulai dari pimpinan universitas hingga unit-unit pelaksana di fakultas,” ujarnya.

Sukartiningsih, Ph.D., juga menyoroti pentingnya sinergi antara PPID dan ULT dalam mendukung pelayanan cepat, transparan, dan terintegrasi di lingkungan universitas. Ia menegaskan bahwa ULT kini berfungsi sebagai front office terpadu yang menghimpun berbagai layanan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan kemahasiswaan agar lebih efisien.

“Tidak semua urusan harus langsung ke rektorat. Banyak hal bisa diselesaikan di tingkat ULT. Ini untuk mempermudah kita semua,” jelas Sukartingsih, Ph.D.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Dekan dan Wakil Dekan dari seluruh fakultas di Universitas Mulawarman, Kepala Biro Akademik, para Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), serta staf Unit Layanan Terpadu (ULT). Kehadiran para pimpinan tersebut menunjukkan komitmen bersama untuk memperkuat sistem layanan publik dan mempercepat transformasi digital universitas.

Selain sambutan pembukaan, kegiatan juga diisi dengan pemaparan dari Kepala Biro Keuangan dan Umum, koordinator PPID, serta tim pelaksana ULT. Mereka menjelaskan strategi pembenahan sistem dokumentasi informasi publik, pembaruan dashboard layanan, dan percepatan monitoring and evaluation (monev) keterbukaan informasi publik.

PPID adalah garda terdepan keterbukaan informasi. Kita ingin semua data dan dokumen universitas dikelola dengan baik, tetapi tetap sesuai koridor hukum dan perlindungan data.

Melalui kegiatan ini, Universitas Mulawarman menegaskan kembali komitmennya untuk membangun budaya layanan publik yang cepat, terbuka, dan profesional, sejalan dengan semangat good university governance.

 

Penulis: Hanny Fakhriah Safitri

Editor: Sulkarnain

Foto: Hartanto

Tanggal : 15 Oktober 2025

UNMUL PPID ULT Layanan Publik Keterbukaan Informasi