Universitas Mulawarman

Berita

Loading image

Universitas Mulawarman

Workshop SIMKATMAWA: Upaya Untuk Tingkatkan IKU UNMUL Terkait Prestasi Mahasiswa Bisa Tercapai

Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) merupakan sistem yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola Bidang Kemahasiswaan dan menumbuhkan kesadaran Perguruan Tinggi (PT) dalam mengembangkan minat, bakat, penalaran dan kreativitas serta meningkatkan kesejahteraan dan pengembangan kewirausahaan mahasiswa sehingga mampu berprestasi.

Hal tersebut menjadi penting untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang terdapat dalam setiap Perguruan Tinggi yang ada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Oleh karena itu, Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Bagian Kemahasiswaan menyelenggarakan Workshop SIMKATAWA UNMUL Tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat UNMUL, Rabu (7/2/2024).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam hal ini diwakili oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si., menyampaikan kegiatan yang berada di Kemahasiswaan selama ini kita ingin memperbaiki sistem yang ada. “Kita ingin agar komunikasi dan juga komunikasi terkait dengan kegiatan-kegiatan Kemahasiswaan itu berjalan sesuai koridornya,” urainya.

Lebih lanjut Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan menambahkan Indikator Kinerja Utama (IKU) dari UNMUL terkait dengan prestasi Kemahasiswaan itu bisa tercapai. “Mengapa demikian, kita mempunyai tanggung jawab untuk bersama-sama bagaimana IKU UNMUL bisa tercapai khususnya terkait dengan Kemahasiswaan,” ungkapnya.

“Terkait dengan prestasi mahasiswa itu sebetulnya mempunyai nilai yang sangat tinggi. Namun demikian, kalau kita evaluasi tahun sebelumnya memang prestasi Mahasiswa UNMUL itu tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa UNMUL yang ada. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama supaya bisa mengakomodir atau setidaknya memonitor sejauh mana terkait prestasi-prestasi Mahasiswa UNMUL,” pinta Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNMUL, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si.

Adapun narasumber dari Workshop SIMKATMAWA UNMUL Tahun 2024 disampaikan oleh Dr. Aditya Irawan, S.Pi., M.Si., dan Wasono, S.Si., M.Si. Kedua narasumber tersebut merupakan Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. (hms/zul)


Foto: Hartanto

Tanggal : 07 Februari 2024

SIMKATMAWA Universitas Mulawarman Kemahasiswaan Universitas Mulawarman