Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Workshop dan Asistensi Pelaporan PDDikti

Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Workshop dan Asistensi Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Tahun 2023 pada Selasa hingga Rabu (21-22/11/2023) dengan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si, Koordinator Akademik, Drs. Edwar Doran, Sub Koordinator Registrasi dan Statistik, Isai Julianto, S.Kom., Sub Koordinator Sarana Pendidikan, Dra. Hj. Airawati dan para operator masing-masing program studi yang ada di Universitas Mulawarman.

Dalam laporannya, Afra selaku Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan pentingnya asistensi pelaporan PDDIKTI di UNMUL bagi kita semua, terkhusus lagi para SDM yang dipercaya menjadi operator atau pengelola di beberapa fakultas. “Akademik adalah core business dalam Perguruan Tinggi. Karenanya, tidak ada kegiatan apapun yang tidak melibatkan akademik didalamnya,”sebut Afra. Lebih lanjut, beliau pun menjelaskan para operator diwajibkan menjadi SDM/pengelola yang memiliki integritas, bertanggung jawab dan berkualitas. Bergerak dari inilah, kegiatan ini dilaksanakan agar informasi terbaru dapat menjadi perhatian.

Dengan terjadinya perubahan Sistem Informasi Akademik (SIA) menjadi AIS (Academic Integrated System) pada tahun 2023 ini berdampak pada proses pengerjaan pada pelaporan dan menjadi tantangan bagi kita semua. “Selama ini, sering kali terjadi keterlambatan dalam pelaporan. Dari kementerian sendiri (Kemendikbud) sudah memberi jadwal dimana kurang dari dua bulan setelah penerimaan dan dua bulan sebelum akhir semester. Ini mengakibatkan pekerjaan yang seharusnya segera selesai berubah menjadi tantangan bagi kita,” jelas Afra. Harapnya, para operator tidak hanya mengerjakan sesuatu saat ada perintah saja, melainkan juga menjadi kontinuitas dengan tetap berkoordinasi dengan masing-masing program studi, WD I dan III dan lebih lanjut pada bagian akademik.

Mewakili Rektor UNMUL, Prof. Lambang menyebutkan era kini adalah era digital yang dimana informasi pun dapat diberikan secara digital. Dimana, informasi sendiri sangat dibutuhkan dan sudah menjadi tugas kita untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas. “Selama menjalani proses belajar mengajar, banyak hal yang harus kita laporkan kepada pengguna yang dalam hal ini orang tua mahasiswa hingga pemerintah. Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimana proses belajar mengajar hingga kelulusannya,” jelas Prof. Lambang dihadapan semua tamu. Informasi sendiri berfungsi sebagai laporan bahwa kita telah melakukan kegiatan secara akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan dengan adanya data yang valid bersumber.

Workshop dan Asistensi Pelaporan PDDikti UNMUL 2023 ini sendiri menghadirkan narasumber yaitu Hidayatul Muttaqien, S.Kom., M.Kom., dengan materi Sosialisasi Academic Integrated System (AIS), Muhammad Firdaus S.Kom. dengan materi Sosialisasi Aplikasi STAR (Sistem Aplikasi Belajar), M. Abdi Rahman, M.Si dari Puslatbang KDOD LAN Samarinda yang menjelaskan tentang Core Value ASN dan ada pula penjelasan lain tentang Sosialisasi Alur Perolehan Nomor Ijazah Nasional dan Pendaftaran Wisuda. (hms/tik/zul)

Tanggal : 22 November 2023

Universitas Mulawarman