Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Webinar HCR: Kualitas Hidup Ditentukan Oleh Respon

Era pandemi saat ini membuat banyak perubahan yang harus disikapi, bukan hanya soal tata kelola kebijakan namun lebih penting dari itu ialah Sumber Daya Manusia (SDM) yang perlu disiapkan agar dapat beradaptasi terhadap perubahan. Hal tersebut disampaikan Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP UNMUL, Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., MA saat pelaksanaan Webinar “High Class Response (HCR) Dalam Masa New Normal”, Selasa (7/07).

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan SDM FISIP UNMUL agar siap dengan setiap perubahan dan menghadapi masa new normal dengan pelayanan yang prima,” ujar Dr. Finnah. Kegiatan yang sukses terlaksana melalui aplikasi daring Zoom ini, diikuti lebih dari 100 peserta yang merukan tenaga pengajar dosen dan tenaga kependidikan FISIP UNMUL.

“Kami berharap kualitas hidup SDM FISIP bisa lebih baik lagi, karena kualitas hidup akan meningkat ketika dapat merespon dengan baik. Intinya bukan kejadian yang memperngaruhi hidup kita, tapi bagaimana respon kita terhadap setiap kejadian,” imbuh Dr. Finnah.

Hadir sebegai trainer, Harri Firmansyah (High Class Response Designer) berbagi tentang menguasai cara menyeimbangkan hidup dan pekerjaan, mengubah masalah menjadi berkah. Kang Harri, sapaan akrabnya, menyampaikan kualitas hidup ditentukan oleh kualitas dalam merespon berbagai hal. Mulai dari basic, expected, desired, wow surprising, dan unbelievable.

“Miliki lah prinsip hidup. Yang pertama seratus persen kendali hidup kita, ada ditangan kita. Kemudian, yang kedua apapun kejadiannya hasilnya selalu tergantung dari respon yang kita berikan. Dan yang terakhir response ability creates responsibility, artinya atasan boleh gak mellihat apa yang kita kerjakan, tapi Yang Maha Atas Maha Melihat apa yang kita kerjakan, so lakukan lah yang terbaik,” pungkas Kang Harri. (hms/rob)

Tanggal : 07 Juli 2020

Universitas Mulawarman