Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Warung Prancis Resmi di Buka, Jadi Destinasi Baru Belajar Tentang Prancis

Institut Prancis di Indonesia (IFI) bersama Universitas Mulawarman (UNMUL) kini telah meresmikan Warung Prancis yang nantinya akan menjadi destinasi belajar baru bagi mahasiwa UNMUL. Peresmian ini dilaksanakan di UPT Perustakaan Kampus UNMUL Gunung Kelua Samarinda, (Kamis, 07/11).

Warung Prancis ini diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Humas Dr. Bohari Yusuf, M.Si, serta Philippe Grangé sebagai Atase Kerjasama Bahasa Prancis di IFI.

Hingga saat ini 30 Warung Prancis telah dibuka di Perguruan Tinggi yang tersebar di Indonesia salah satunya di Universitas Mulawarman. Warung Prancis yang merupakan tempat informasi mengenai Prancis bertempat di Perguruan Tinggi di Indonesia. Warung Prancis tidak hanya memberikan informasi mengenai kebudayaan Prancis, tetapi juga mengenai studi di Prancis serta beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Prancis.

“Bahasa Prancis tidak hanya dipelajari karena cantik, seksi, romantis, tetapi ada juga manfaatnya ketika kita ingin bekerja di sektor pariwisata, dan kami dari Kedutaan Besar Prancis juga akan mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan oleh Warung Prancis terutama dalam hal pembelajaran Bahasa Prancis,” jelas Philippe Grange Atase Kerjasama Bahasa Prancis.

Selain melaksanakan peresmian Warung Prancis, UNMUL bersama University de Poitiers yang di wakili oleh Jean-Marie Pincemin Director of International Relationship University de Poitiers melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU).

“Beberapa Fokus Penelitian yang telah berkembang di UNMUL dan mudah-mudahan dapat dikolaborasikan dengan University  de Poitiers yaitu Penelitian tentang Makanan, Penelitian tentang Sumber Daya Lingkungan dan Alam, Penelitian tentang Budaya dan Informasi, Penelitian tentang Energi serta Penelitian tentang Kesehatan,” ucap Dr. Bohari Yusuf, M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas.

Sebelumnya, di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL Jean-Marie Pincemin Director of International Relationship University de Poitiers hadir memberikan kuliah umum dihadapan para mahasiswa UNMUL yang dihadiri Oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNMUL Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, Kepala UPT. Layanan Internasional, Kepala UPT Perkasa dan Ketua Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNMUL (hms/rmy)

Tanggal : 08 November 2019

Universitas Mulawarman