Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Wali Kota Bontang Sampaikan Program Unggulan di Hadapan Tim Peneliti Multy Award UNMUL

Kegiatan penelitian lapangan dalam rangka Multy Award 2023 di Kota Bontang dimulai pada tanggal 5 September 2023 dengan agenda indepth interview bersama dengan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bontang yang diwakili oleh Ir. Amiruddin, MP (Kepala) dengan didampingi oleh M. Taupan Kurnia S, S.Si (Sekretaris), Diny Prathiwi, S.STP (Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, Perecanaan), Hasman, SE (Kepala Bidang Ekonomi, Pengembangan SDM, Pemerintahan), dan Noni Agetha, ST (Kepala Bidang Prasarana dan Pengembangan Wilayah) beserta beberapa staf Bapelitbang Kota Bontang.

Agenda indepth interview dimulai dengan pemaparan program unggulan (prolan) yang diusulkan oleh Kota Bontang untuk mengikuti Multy Award 2023. Kota Bontang total mengusulkan sekitar 14 (empat belas) prolan untuk dikompetisikan pada masing-masing parameter (ekonomi, pelayanan publik, dan politik). Pada masing-masing indikator parameter bisa terdapat lebih dari 1 (satu) prolan yang diusulkan.

Selesai pemaparan, agenda dilanjutkan dengan diskusi antara tim peneliti dengan personel Bapelitbang Kota Bontang. Substansi diskusi adalah menggali 5W+1H dari masing-masing prolan yang diusulkan. Dari diskusi tersebut dapat diketahui akurasi antara prolan yang diusulkan dengan parameter dan indikator Multy Award 2023.

Setelah dilakukan pengerucutan sampai dengan 9 (sembilan) prolan sesuai dengan masing-masing indikator, indepth interview dilanjutkan bersama perangkat daerah yang secara teknis menjalankan masing-masing prolan. Selain menggali akurasi 5W+1H, indepth interview juga ditujukan untuk mencari bukti-bukti pendukung dari masing-masing prolan yang diusulkan. Beberapa perangkat daerah yang hadir pada indepth interview ini antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Indepth interview hari pertama ditutup dengan pengisian formulir isian data Multy Award 2023 dan penyiapan bahan presentasi pemaparan oleh Wali Kota Bontang pada keesokan harinya.

Memasuki hari kedua, bertempat di Ruang Rapat Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, agenda indepth interview adalah pemaparan Wali Kota Bontang,  Basri Rase S.IP, M,Si, terkait 9 (sembilan) usulan prolan Kota Bontang untuk dikompetisikan pada ajang Multy Award 2023. Basri Rase S.IP, M,Si dengan sangat tegas dan jelas menjelaskan serta meyakinkan bahwa masing-masing prolan yang diusulkan adalah prolan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Bontang. Basri Rase S.IP, M,Si, juga menyampaikan bahwa sebagian besar prolan yang diusulkan pernah mendapatkan penghargaan level nasional pada berbagai macam kompetisi inovasi yang diselenggarakan oleh beberapa kementerian.

Selain Wali Kota Bontang, indepth interview hari kedua ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bontang, Ir. Hj. Aji Erlynawati, M.T., hampir semua kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bontang, seperti dari Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dan Dinas Ketenagakerjaan. Lebih daripada itu, Penanggung Jawab kegiatan Multy Award 2023, Dr. Irwan Gani, juga turut hadir dalam rangka melakukan supervisi kegiatan penelitian lapangan sekaligus berinteraksi dengan Wali Kota dan Kepala-Kepala Perangkat Daerah.

Agenda indepth interview pada hari ketiga dan keempat adalah melakukan finalisasi usulan yang disertai dengan penyempurnaan bukti-bukti pendukung pada masing-masing usulan prolan.

 

Peneliti :     Muliati dan Mahendra Putra Kurnia

 

Tanggal : 06 September 2023

Universitas Mulawarman