Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan: Jabatan Fungsional Ini Akan Memberikan Kontribusi Bagi Kemajuan UNMUL

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Penyetaraan Pejabat Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional PNS di Lingkungan UNMUL

Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penyetaraan pejabat administrasi ke dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan UNMUL, Selasa (22/12). Kegiatan ini dilakukan secara luring dan daring. Secara luring dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL.

Rektor UNMUL dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si memaparkan kegiatan pengambilan sumpah ini adalah sebuah tindak lanjut dari kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Republik Indonesia (RI) Nomor 28 Tahun 2019 tentang penyetaraan Pejabat Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

“Tahun 2020 Bulan Juni itu harus semuanya sudah diusulkan dan disampaikan oleh semua unit kerja termasuk UNMUL. Alhamdulillah secara keseluruhan yang kita usulkan ada 73 Pejabat Administrasi Eselon III dan IV di Lingkungan UNMUL yang telah ditetapkan baik oleh MENPAN RB maupun melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Biro SDM bisa menjadi Pejabat Fungsional setara Ahli Madya maupun Ahli Muda. Ada 2 orang sebetulnya yang akan kita usulkan di Tahun 2021 yang kemarin belum sempat diusulkan sehingga diusulkan penyetaraannya melalui skema inpassing, karena memang penyetaraan pejabat administrasi ke dalam pejabat fungsional itu berakhir tahun 2020 sehingga pelantikannyapun paling lambat dilakukan paling lambat 31 Desember 2020. Alhamdulillah kita sudah melaksanakan pelantikan ini telah melaksanakan amanat-amanat maupun arahan sesuai MENPAN RB maupun arahan dari Biro SDM Kementerian dan Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ungkap Dr. Abdunnur.

Lebih lanjut, Mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNMUL itu menjelaskan, bapak dan ibu semua yang hadir dalam pelantikan ini dan secara khusus bagi pejabat administrasi yang telah disetarakan menjadi jabatan fungsional baik Ahli Madya maupun Ahli Muda. “Perubahan ini tentu adalah sebuah kebijakan negara dalam hal ini kebijakan pemerintah sehingga tentu ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar. Pertimbangan untuk dilakukan penyetaraan administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Tentu ini juga terkait dengan Reformasi Birokrasi, bagaimana menciptakan birokrasi yang dinamis dan profesional sebagai upaya untuk peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja layanan pemerintah kepada publik. Sehingga inilah kebijakan yang dilakukan oleh negara, sehingga semua jabatan administrasi disetarakan menjadi Jabatan Fungsional,” ulasnya.

Tentu kita semua sebagai Abdi Negara, kata Dr. Abdunnur, maupun sebagai abdi masyarakat yang merupakan pilihan kita untuk bekerja sebagai aparatur sipil negara kita dapat menerima dan harus Insya Allah ikhlas menerima segala yang menjadi kebijakan pemerintah dan dengan keikhlasan tentu keberkahan selalu ada dalam kehidupan kita. “Cita-cita dan kemajuan UNMUL menuju universitas World Class University yang mampu bersaing baik secara nasional maupun secara global dan salah satu indikator yang menjadi penentu adalah bagaimana kualitas sumber daya manusia. Oleh karenanya tentu sebagai jabatan fungsional Ahli Madya dan Ahli Muda semua di Lingkungan UNMUL ini sangat memberikan arti dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan UNMUL,” urainya.

“Oleh karenanya perubahan penyetaraan ini tentu harus tetap memberikan sebuah upaya, mempertahankan kinerja yang sudah baik dan bahkan kita terus meningkatkan kinerja yang sudah baik tersebut dalam bentuk meningkatkan pelayanan publik yang sering kita sebut peningkatan layanan prima yang ada di UNMUL. “Tentu banyak pemikiran merespon dari sebuah kebijakan pemerintah terhadap penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. Namun demikian tentu kita tidak perlu terlalu dini untuk mengambil sebuah kesimpulan mulailah kita berpikir positif terhadap suatu hal,” pungkasnya.      

Kegiatan pelantikan yang dilaksanakan secara luring dan daring ini dihadiri Para Wakil Rektor, Para Dekan, Para Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Ketua SPI, Direktur Pascasarjana beserta Asisten Direktur dan Para Kepala Biro. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 22 Desember 2020

Universitas Mulawarman