Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UPZ UNMUL Salurkan Dana Zakat

Secara simbolis, Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) menyerahkan penyaluran dana Zakat tahun 2021, Rabu, (26/01) di Ruang Lecturer Theater, Gedung UNMUL HUB, Kampus Gunung Kelua.

Di kegiatan yang dihadiri langsung oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si  dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Provinsi Kalimantan Timur, H. Ahmad Nabhan tersebut, sebelumnya  Ketua UPZ UNMUL, Dr. H. Nurdin, S.HI., M.Ed menyampaikan berbagai data terkait mulai dari awal pembentukan UPZ hingga kontribusi UPZ di Universitas Mulawarman.

“Pada tahun 2020, UPZ menerima potongan ZIS Tahun 2020 sebanyak Rp 96.721.512, kemudian pada tahun 2021 menerima sebanyak Rp 95.082.448 yang diantaranya terdapat Zakat Tunai dari Dekan Fakultas Teknik, Ir. Muh. Dahlan Balfas, ST., MT dan Ketua LP2M, Dr. Anton Rahmadi, STP., M.Sc., Ph.D,” ungkap Dosen dari Fakultas Teknik UNMUL itu.

Prosesi penyerahan Zakat sebut Ketua Baznas Kaltim perlu disyukuri bersama, dikarenakan meski prosesi penyerahan Zakat sempat tertunda namun dapat terselenggaran di awal tahun 2022 ini. “Harapan kami dari Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Kalimantan Timur untuk civitas akademika Universitas Mulawarman yang beragama Islam agar dapat ikut menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekahnya melalui Baznas Kaltim,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan penyerahan Zakat ini, tambahnya, Baznas akan sangat terbantu karena setiap harinya terdapat berkas yang memohon bantuan salah satunya adalah dari sektor Pendidikan, sehingga bisa dibantu oleh Baznas. “Masih banyak lagi manfaat dari Zakat, Infaq dan Sedekah yang juga diberikan kepada mahasiswa dalam hal ini Universitas Mulawarman,” tambanya.

Setelah melalukan prosesi serah terima, di kesempatan ini Rektor menyatakan aktivitas yang telah lama dan rutin dilaksanakan lembaga yang dipimpinnya itu merupakan sebuah kepedulian kepada mereka yang membutuhkan dan berhak menerima khususnya pada sektor pendidikan. “Ini adalah salah satu bentuk kepedulian dari Baznas kepada sektor Pendidikan yang didalam hal ini adalah Universitas Mulawarman, kata Rektor.

Ia juga mengajak dan menghimbau seluruh civitas akademika UNMUL untuk memberikan Zakat, Infaq ataupun Sedekahnya terbaiknya ke Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Kalimantan Timur. Sementara itu pada kesempatan yang sama dilakukan pula penyerahan penyaluran dana Zakat kepada 78 mahasiswa.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Drs. H. Rizali Irawan, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Muhammad Noor, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. H. Masrur, M. Hum, Sekretaris Unit Pengumpul Zakat, M. Hasyim Mustamin, M.Ed dan para mahasiswa. (hms/tik/frn)

Tanggal : 26 Januari 2022

Universitas Mulawarman