Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UPT LI Beri Pelatihan Pada Mahasiswa Buddy

Jum’at, (13/03), UPT Layanan Intenasional (LI), Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar Pelatihan International Student Buddy tahun 2020 Batch-5. 30 mahasiswa yang telah memenuhi kriteria dan lolos seleksi dibekali berbagai informasi dari para pemateri guna menambah wawasan.

Kepala UPT LI, Widi Sunaryo, SP., M.Si., Ph.D menyampaikan, program mahasiswa Buddy International adalah sebuah organisasi di bawah koordinasi UPT. LI sebagai pendamping tamu maupun mahasiswa asing di berbagai acara maupun kegiatan.

“Acara ini sebenarnya tidak hanya acara rutin yang terlaksana tahunan semata, namun evaluasi selalu di lakukan UPT LI. Diawali dari penyelenggaraan event internasional yang cukup sering maka kami membutuhkan bantuan mahasiswa karena keterbatasan jumlah staf. Begitu pula rekomendasi yang sudah terbentuk mahasiswa buddy di beberapa perguruan tinggi lain,” jelasnya di Ruang Prof. Soetrisno Hadi tempat pelatihan berlangsung.

Dirinya pun berharap, program buddy memberikan manfaat sebagai nilai tambah mahasiswa selama menempuh pendidikan di UNMUL khususnya dalam aspek international exposure.

Selain membuka kegiatan secara resmi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP didaulat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang Relevansi Bidang Kemahasiswaan untuk Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Mewujudkan  SDM Unggul Indonesia sekaligus pemaparan Visi Misi UNMUL dan Target UNMUL dalam Kegiatan Mahasiswa.  

“Melalui mahasiswa buddy aktivitas UNMUL dapat berjalan dengan baik khususnya dalam kegiatan internasional. Sebagaimana visi UNMUL menjadi universitas berskala internasional akan tercermin di dalam semua aktivitas yang ada di UNMUL, misalkan terkait layanan internasional melalui mahasiswa buddy. Harapannya kegiatan UNMUL bisa dikenal dimana saja, dalam maupun luar negeri,” harapnya.

Di hari yang sama, hadir perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur yang mempresentasikan Potensi Wisata dan Promosi Kota Samarinda dan Kalimantan Timur, dilanjutkan pembahasan Etika dan Budaya Ketimuran, oleh Dr.phil. Maria Teodora Ping, M.Sc, dan ditutup materi Public Speaking juga Pelatihan Pembuatan Presentasi dan Video dari Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd.

Sementara itu, dihari kedua pelatihan Sabtu, (14/03), mahasiswa buddy kembali mendapatkan materi mengenai Promosi dan Implementasi Kerjasama UNMUL dengan Mitra dari Luar Negeri, Informasi dan Akses Magang, Pertukaran Pelajar, Studi Lanjut di Luar Negeri dan Beasiswa-nya  oleh Dr. Wulan I.R.S, SE., M.Si., CSP. Disesi akhir akan diisi motivasi dan pengembangan diri, Games “Problem Solving and Team Work” disampaikan Fahrizal Adnan, ST., M.Sc serta dilakukan Evaluasi dan Penutupan pelatihan oleh Sukemi, S.Pd., M.Sc. (hms/frn)

 

Foto: Firdan Farezal

Tanggal : 13 Maret 2020

Universitas Mulawarman