Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UPT Layanan Internasional Bahas Peluang Kerja Sama dengan Turki

UPT Layanan Internasional (UPT LI) Universitas Mulawarman (UNMUL) menerima kunjungan lembaga dari Turki pada hari Jum’at tanggal 25 Maret 2022. Kunjungan Mr. Ali Çetin dan Muhammad Demirci dari Entur Global, Turkey di kantor UPT LI (Gedung Unmul HUB) diterima oleh Kepala UPT LI, Widi Sunaryo, Ph.D beserta jajaran UPT LI lainnya. Tujuan kunjungan adalah membahas peluang kerja sama bidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antar dua lembaga dan negara. Sebagai informasi, Entur Global adalah lembaga kepemudaan di Turki yang bergerak di bidang sosial-budaya, ekonomi, dan pendidikan. Diskusi utama pertemuan ini berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik untuk program rencana jangka pendek maupun rencana jangka panjang untuk kedua lembaga/negara.

   

UPT LI UNMUL memiliki beberapa program existing yang selama ini telah diikuti oleh mahasiswa asing, yaitu BIPA dan summer school. Seperti yang disampaikan oleh Kepala UPT LI bahwa “UNMUL memiliki Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang bisa diikuti oleh mahasiswa Turki yang ingin belajar Bahasa Indonesia di sini”. Selain itu, summer school juga menjadi program unggulan yang akan kembali direalisasikan tahun 2022. Berkaitan dengan summer school, mahasiswa Turki setiap tahun telah melakukan program summer school dan biasanya dilakukan dengan Malaysia. Untuk memperluas kerja sama maka peluang realisasi program summer school dengan UNMUL juga dibahas pada pertemuan ini. “Program summer school dengan UNMUL sangat memungkinkan untuk dilakukan sekitar bulan Juni–Agustus 2022” sesuai yang disampaikan Ali Çetin. Mengingat strategisnya kegiatan yang bisa dilaksanakan maka peluang kerja sama ini sangat menarik dan penting untuk ditindak lanjuti dengan membahas dokumen kerja sama sebagai dasar pelaksanaan kegiatan.

Selain dokumen kerja sama maka kegiatan dalam mencapai indikator kinerja utama UNMUL harus dilakukan reciprocal dengan melibatkan dua lembaga atau negara. Dalam hal ini, program summer school juga akan dilakukan reciprocal yaitu UNMUL mengirimkan mahasiswa ke Turki dan mahasiswa Turki datang ke UNMUL. Sehingga, pembahasan tindak lanjut pertemuan ini akan membahas dokumen kerja sama sebelum program-program dilaksanakan. Pertemuan tindak lanjut kegiatan akan dilakukan secepatnya untuk merealisasikan hasil diskusi hari ini dan mempercepat program internasionalisasi dalam rangka mencapai Visi UNMUL.(*uptli/hms/zul)

Tanggal : 28 Maret 2022

Universitas Mulawarman