Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 di UNMUL

Rabu (02/05), sivitas akademika Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018. Bertepat di GOR 27 September UNMUL kegiatan rutin tahunan ini berlangsung dalam suasana khidmat dan penuh rasa cinta pada Tanah Air, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai pengibaran bendera merah putih, Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si selaku pembina upacara membacakan sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat penting, penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional kita melalui pengembangan sumber daya manusia.

“Di dalam pengembangan sumber daya manusia itu sendiri, pendidikan, terlebih pendidikan tinggi, memegang peranan kunci. Peranan pendidikan tinggi sebagai terminal akhir dalam jenjang pendidikan formal amatlah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Rektor.

Keharusan perguruan tinggi, lanjutnya, melaksanakan riset serta inovasi semakin penting dalam situasi sosial yang penuh disrupsi di era sekarang ini, terutama dengan dorongan Revolusi Industri 4.0. “Dalam buku The Fourth Industrial Revolution, Klaus Schwab menerangkan tentang arus revolusi yang menggabungkan teknologi fisik, digital dan biologis yang berdampak pada semua disiplin ilmu. Internet of things, genetic editing, artificial intelligent, big data mining, mobil swakendara, superkomputer, adalah bentuk-bentuk teknologi yang merevolusi cara kita menjalani kehidupan,” sambungnya.

“Untuk menjawab revolusi 4.0 Kemenristekdikti juga akan segera mengimplementasikan Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Salah satunya adalah pembangunan universitas siber (cyber university) yang dipersiapkan untuk pembelajaran daring,” ucap Prof. Masjaya.

Melalui sambutan tersebut pula Rektor berharap UNMUL mampu menghasilkan lulusan yang bukan hanya menjadi pendukung (supporter) bagi suatu perubahan, melainkan juga sebagai motor penggerak (driver) untuk memfasilitasi perubahan masyarakat. “Mari kita bergandengan tangan demi kejayaan Tanah Air dalam semangat Hari Pendidikan Nasional. Saya ucapkan selamat dan terimakasih untuk semua pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, penggiat, dan pecinta dunia pendidikan di seluruh Ibu Pertiwi,” pungkas Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNMUL ini.

Untuk diketahui, pada moment upacara Hardiknas ini turut diberikan penyematan tanda kehormatan satyalancana karya satya bagi abdi negara di lingkungan UNMUL yang telah mengabdikan dirinya selama 20 hingga 30 tahun. Juga pemberian dana stimulan sebesar Rp. 150.000.000 untuk UPT Perpustakaan dan Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai bentuk reward prestasi meraih akreditasi A. (hms/rob)

Tanggal : 02 Mei 2018

Universitas Mulawarman