Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Wisuda 1.685 Mahasiswa, Jumlah Lulusan Terbanyak Sepanjang 2023

Sebanyak 1.685 mahasiswa mengikuti prosesi wisuda gelombang IV yang digelar Universitas Mulawarman (UNMUL) di Gedung Olah Raga (GOR) 27 September pada Sabtu (9/12). Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., menyebutkan pada wisuda gelombang IV ini menjadi lulusan terbanyak jika dibandingkan dengan lulusan pada gelombang sebelumnya. Sehingga ia menilai produktivitas UNMUL dalam mendidik mahasiswa semakin meningkat. "Sebanyak 1.685 lebih mahasiswa diwisuda pada hari ini, jadi ini merupakan lulusan terbanyak di tahun 2023," ungkap Prof. Abdunnur.

Prof. Abdunnur juga mengatakan, jika setiap tahun UNMUL menerima sebanyak 5 ribu lebih mahasiswa. Namun, dalam tahun 2023 UNMUL berhasil meluluskan sebanyak hampir mencapai 7 ribu mahasiswa. "Ini lebih banyak yang lulus dari pada yang masuk, saya menganggap ini merupakan tantangan bagi kita untuk bisa berkontribusi terhadap daerah, apalagi kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN)," ujar Prof. Abdunnur.

“Kita harus menyiapkan diri, harus memiliki daya saing yang tinggi, sehingga bisa memanfaatkan momen. Bisa terserap di pasar kerja IKN. Kita harus membangun kerja tim, yaitu membangun komunikasi agar semuanya bisa mengkomunikasikan segala sesuatu,” katanya.

Prof. Abdunnur juga mengajak kepada Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNMUL untuk aktif dalam membangun jaringan yang kuat di seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan agar memberikan kontribusi positif dalam memajukan UNMUL.

“Tidak ada perguruan tinggi manapun yang terbaik dan yang terhebat di mana pun di Indonesia. Mereka hebat karena alumninya. Alumninya memiliki komitmen. Sumpah wisudawan pada saat wisuda saat itu, bagi saya, memberikan janji dan integritas, yaitu bagaimana  bersama-sama bergandengan tangan untuk memajukan almamater  Unmul,” tegasnya.

Rektor UNMUL berpesan kepada wisudawan atau wisudawati untuk dapat memberikan kontrbusi yang positif dan mampu menumbuhkan jejaring. Hal ini untuk membuktikan bahwa lulusan UNMUL memiliki kualitas. Terlebih dalam penguasaan pasar tenaga kerja baik lokal maupun global. 

"Saya berharap, lulusan hari ini bisa terus berkembang dan menguasai pasar tenaga kerja baik lokal maupun global, tentu ini juga tidak terlepas dari rangkulan peran alumni," imbuhnya.

Kepada seluruh wisudawan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi daerah, bukan hanya dengan mencari peluang kerja untuk diri sendiri, tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya. Yang kami inginkan adalah mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” tandasnya.

Sebagai informasi, dari 1.685 wisudawan dan wisudawati di Wisuda Gelombang IV UNMUL, tercatat rincian sebagai berikut. Program D3 ada 4 orang, program S1 ada 1.406 orang, program profesi ada 108 orang, program S2 ada 122 orang, dan program S3 ada 4 orang. 

Sedangkan rincian per fakultas, untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meluluskan 195 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) meluluskan 317 orang, Fakultas Pertanian (Faperta) meluluskan 94 orang, dan Fakultas Kehutanan (Fahutan) sebanyak 85 orang.

Lulusan terbanyak ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL sebanyak 346 orang. Kemudian di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ada 58 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) meluluskan 75 orang, dan Fakultas Hukum (FH) meluluskan 65 orang.

Selanjutnya, Fakultas Teknik (FT) meluluskan 181 orang, Fakultas Kedokteran (FK) 72 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 15 orang, Fakultas Farmasi (FF) sebanyak 115 orang, dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sebanyak 57 orang. Terakhir untuk Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan, kali ini meluluskan 10 orang. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 09 Desember 2023

Universitas Mulawarman