Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Unmul Undang Direktur Pembinaan Kelembagaan di Sosialisasi Akreditasi

Meskipun resmi mendapatkan peringkat sebagai Universitas unggul atau berakreditasi A per tanggal 23 Mei 2017 yang dikukuhkan dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor : 1466/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017, Universitas Mulawarman (Unmul) tidak ingin berpuas diri.

Sosialisasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) tindak Lanjut Unmul berakreditasi A dengan tema Penguatan dan Peningkatan Kelembagaan Perguruan Tinggi Negeri dalam Globalisasi Pendidikan digelar oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M).

Rabu, (28/03), terselenggara di Hotel Harris Samarinda acara ini dihadiri Rektor Unmul, bersama Para Dekan Fakultas di lingkungan Unmul, dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumberdaya Manusia dan Keuangan Dr. Ir Abdunnur, M. Si.

Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Kelembagaan IPTEK DIKTI, Kemenristek Dikti, Dr. Totok Prasetyo, B.Eng.MT, dan Kasi Penilaian Kinerja Perguruan Tinggi M.Dian Indra, SH.,MH, MM didaulat sebagai narasumber kegiatan sosialisasi ini. Diketahui, saat ini Unmul merupakan salah satu dari 68 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang mendapatkan Akreditasi A.

Dalam sesi pemaparan disampaikan pemateri bahwa ciri Perguruan Tinggi berakreditasi A adalah leadership yang kuat diikuti dengan komitmen untuk semua pihak, juga implementasi sistem yang terintegrasi. Beberapa upaya yang harus dilakukan oleh pihak Universitas untuk mempertahankan akreditasi tidak ketinggalan disampaikan.

“Selain itu harus ada upaya untuk meningkatkan empat komponen yaitu Sumberdaya Manusia yang meliputi tenaga dosen maupun tendik. Selanjutnya kelembagaan sebagai penunjang pengajaran seperti  laboratorium yang terakreditasi, perpustakaan yang terakreditasi dan lainnya. Aspek kemahasiswaan juga perlu diperhatikan yakni kontribusi prestasi mahasiswa baik di bidang akademik maupun di luar akademik serta penelitian dan pengembangan masyarakat,” ungkap Dr. Totok Prasetyo, B.Eng.MT.

Dari kegiatan ini bertujuan agar para peserta mendapatkan motivasi baru untuk berkomitmen mempertahankan Unmul yang unggul di era Revolusi Industri 4.0 dengan melakukan penguatan dan peningkatan kelembagaan dalam menghadapi globalisasi pendidikan. (hms/frn)

 

Tanggal : 29 Maret 2018

Universitas Mulawarman