Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Tuan Rumah Rapat Kerja Nasional

Kegiatan Forum Wakil Rektor (WR) atau Pembantu Rektor (PR) 2 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia tahun 2023 ini menetapkan Universitas Mulawarman (UNMUL) sebagai tuan rumah. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan tema “Sosialisasi dan Diskusi tentang Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional” jadi pembahasan utama kegiatan yang berlangsung Jum’at, (07/07) hingga Sabtu, (08/07) itu.

Rektor UNMUL, Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU membuka acara Rakernas secara resmi serta dalam sambutannya diungkapkan forum ini sebagai wadah silaturahmi. Terlebih UNMUL saat ini berada diwilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain itu, dipertemuan rutin ini tentunya akan ada hasil yang dibahas sesuai dengan tugas dan fungsi para WR atau PR 2 di lembaga tempat menjabatnya masing – masing.

“Di kesempatan ini kita akan fokus pada pembahasan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi terkait dengan tunjangan jabatan. Semoga dari hasil pertemuan ini ada output yang jelas mengenai hal terkait. Harapannya adalah, forum ini dapat menjadi benchmark referensi bagi Kemendikbudristek khususnya kebijakan yang terkait dengan pengelolaan SDM maupun sumber daya keuangan,” katanya.

Menurut Ketua Forum Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn., penyelenggaraan Rakernas, sebagai tempat pertemuan untuk saling bertukar informasi mengenai bidang yang sama diantaranya mengenai pola tata kelola keuangan pada khususnya.

“Adapula seputar tata kelola kepegawaian dan tata kelola di bidang lain. Baik yang terkait dengan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Yang kesemuanya itu bermuara pada anggaran,” jelasnya.

Kegiatan di tahun 2023 ini pun harapnya, dapat terlaksana lebih baik dari tahun sebelumnya yang terbatas karena Indonesia masuk dalam kondisi Pandemi Covid – 19 sehingga menyebabkan terkendala untuk bertemu dan berinteraksi langsung dalam sebuah acara.

Di sesi sosialisasi kebijakan nasional dipresentasikan narasumber dari Deputi Aparatur SDM Kementerian PAN-RB yang diwakili Arintha Valentysha Putri, S.M. Sedangkan pada welcome dinner hadir sebagai tamu undangan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur yang juga Ketua IKA UNMUL, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. (hms/frn)

Foto: Hartanto dan Sulkarnain

 

Link Terkait:

Unmul Jadi Tuan Rumah Forum Wakil/Pembantu Rektor II PTN Se-Indonesia

 

 

Tanggal : 07 Juli 2023

Universitas Mulawarman