Universitas Mulawarman

Berita

Loading image

Universitas Mulawarman

UNMUL Tingkatkan Capaian Pembelajaran Terbaik Kepada Mahasiswa Melalui Program Praktisi Mengajar

Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar program Praktisi Mengajar (PM) Angkatan 4 2024 dengan tujuan meningkatkan kualitas pola belajar mengajar kepada Mahasiswa melalui praktisi atau dosen yang mengajarnya. Salah satunya yaitu pengalaman yang berkaitan dengan jurusan dan minat yang diambil oleh setiap mahasiswa UNMUL. Hal tersebut akan berguna di dunia kerja dan masa depan. 

Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi bagi setiap individu-individu pada mahasiswa UNMUL untuk menjadi seseorang yang kompeten dan visioner.

Sehingga kompetensi yang diharapkan bisa sesuai dengan bidang dan jurusan dari setiap mahasiswa,” tutur Prof. Lambang, Rabu (27/03/2024). 

Prof. Lambang juga ingin meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU), dari IKU 4 dan IKU 7. “Upaya ini untuk membangun mitra perguruan tinggi dan daya saing perguruan tinggi. Selain itu, akan meningkatkan capaian pembelajaran lulusan, melalui proses belajar mengajar dengan praktisi atau dosen yang mengajar. Sehingga mahasiswa UNMUL mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan bidang dari setiap praktisi-praktisi,” jelas Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL itu.

Menurut Prof. Lambang, Program Praktisi Mengajar ini ada peningkatan pendaftaran dan lulusan yang sangat signifikan. “Sebab, pada tahun 2023 terdapat hanya sekitar 28 pendaftar dan yang lulus sekitar 16 praktisi. Sedangkan tahun 2024 ada sekitar 356 yang mendaftar dan yang diterima hanya 190,” urai Prof. Lambang. 

“Hal ini karena belum tersosialisasi dengan baik, tetapi untuk tahun ini kita sudah berhasil meningkatkan jumlah praktisi di Universitas Mulawarman,” beber Prof. Lambang.

Program Praktisi Mengajar (PM) di tahun 2024 akan menargetkan pada program praktik ini bisa terealisasi dengan lebih baik lagi. Dengan begitu juga pelaksanaan yang akan datang nanti di tahun depan yaitu di tahun 2025.

 

Penulis: Al Guntur Dzakwan

Editor : Sulkarnain

Foto    : Rizky Hamdani Anwar

Tanggal : 28 Maret 2024

UNMUL Kemendikbudristek Praktisi Mengajar