Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Tetap Masuk 50 Besar PT Terbaik di Indonesia

Peringkat 47 Webometrics, Ukur Aktivitas Ilmiah di Website 


Pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) terbaik di Indonesia berskala dunia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli tahun 2020 secara resmi dirilis.  Dikutip dari website resminya http://www.webometrics.info/en lembaga yang menganalisis kuantitatif internet dan konten web, khususnya yang terkait dengan proses generasi dan komunikasi serta pengetahuan ilmiah ini, mengumumkan Universitas Mulawarman (UNMUL) berada di peringkat tertinggi Perguruan Tinggi di Pulau Kalimantan atau diatas beberapa Perguruan Tinggi lainnya di pulau Jawa. 


Dengan demikian, Kampus berakreditasi A ini masih masuk dalam 50 besar PTN dan PTS dari pemeringkatan yang dilakukan pada edisi sebelumnya. Terkait hasil ini, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Dr. Ir. Bohari Yusuf., M.Si menegaskan, UNMUL akan terus berupaya meningkatkan kualitas disegala bidang yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 


Raihan peringkat ini sebutnya, berdasarkan metodologi penilaian Webometrics  terdiri dari empat indikator. Pertama, presence (bobot 5%) merupakan jumlah halaman website dari domain web utama, termasuk seluruh subdomain yang ada di Perguruan Tinggi. Kedua, visibility (bobot 50%) merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine. 


"Selanjutnya, sesuai yang tertulis di webometrics.info/en/Methodology ada pula aspek penilaian yang meliputi transparency/openness (bobot 10%) merupakan jumlah kutipan dari 110 penulis teratas. Terakhir, excellence or scholar (bobot 35%) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang paling banyak dikutip," katanya.
Seperti diketahui Webometrics adalah lembaga pemeringkatan di Spanyol menilai tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi se-dunia yang dilakukan dua kali pertahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. 

Pengumuman dapat dilihat melalui laman http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia%20. Webometrics merupakan inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan aktivitas akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web. (hms/frn)

 

Link Terkait:
50 PTN dan PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2020

https://www.kompas.com/edu/read/2020/07/30/113408371/50-ptn-dan-pts-terbaik-indonesia-versi-webometrics-2020?page=all


Daftar 50 PTN dan PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020

https://campuspedia.id/kabar/daftar-50-ptn-dan-pts-terbaik-di-indonesia-versi-webometrics-2020/

Tanggal : 04 Agustus 2020

Universitas Mulawarman