Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Terima Kembali 2.543 Mahasiswa KKN Angkatan ke-49

Setelah mengabdikan diri di Masyarakat selama kurang lebih 40 hari, sebanyak 2.543 mahasiswa Universitas Mulawarman (UNMUL) Angkatan ke-49 tahun 2023 mengakhiri program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Penutupan KKN ditandai dengan penutupan dan serah terima kembali para peserta KKN dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) kepada UNMUL yang dilaksanakan di Ruang Theater Room, Gedung Science Learning Center (SLC), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNMUL, Selasa (22/8/2023).

“Selamat kepada mahasiswa yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Kaltim yang telah menyelesaikan tugasnya yaitu KKN dengan baik. Sasaran utama dari pelaksanaan KKN adalah permasalahan yang ada di desa dan kelurahan yang perlu diberikan bimbingan, pembinaan seperti menjaga Pembangunan, kelestarian lingkungan dan sumber daya alam, pengembangan Iptek yang unggul, pengembangan ekonomi yang berkelanjutan, ketahanan nasional dan mempunyai dampak positif terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat terutama terkait dengan UMKM yang ada di Kaltim. KKN tahun ini merupakan KKN yang dilaksanakan berbasis program pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk menyongsong Ibu Kota Nusantara (IKN),” ungkap Gubernur Kaltim yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang UMSDA dan TTG Provinsi Kaltim, Dr. Elvis, M.Si.

Semoga KKN ini tahun ini, lanjut, bisa memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat luas dan mendorong tercapainya pembangunan dengan luaran hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat di Masyarakat. “Untuk mencapai tujuan Pembangunan perlu kesadaran dan partisipasi aktif dari semua pihak termasuk dalam hal ini perguruan tinggi. Karena itulah, saya berharap pelaksanaan KKN harus dilaksanakan agar SDM di daerah dapat berkontribusi dengan baik dan mengembangkan daerah, baik sebagai daerah penyangga maupun daerah yang menjadi daerah IKN itu sendiri,” pintanya.

Rektor UNMUL yang dalam kempatan ini di wakili oleh Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Dr. Ike Anggraeni G., S.KM., M.Kes., menuturkan dalam penyelenggaran KKN ini Alhamdulillah mahasiswa kami peduli terhadap Masyarakat diberbagai bidang, seperti bidang ekonomi, pendidikan, pertanian, lingkungan, budaya, pariwisata, kesehatan dan lainnya. “KKN dapat membuat mahasiswa menjadi pribadi yang lebih tangguh dan toleran. Dengan hadirnya mahasiswa di Tengah-tengah Masyarakat ini menjadi ajang pembuktian bahwa ilmu yang diperoleh di kampus selama 6 semester itu bisa bermanfaat,” tuturnya.

Kehadiran mahasiswa ini, kata Dr. Ike, di Masyarakat kami mengharapkan bisa menginspirasi dan memberi manfaat bagi Masyarakat. “Catatan penting bagi kami sebagai pengelola KKN adalah untuk terus bisa meningkatkan pelaksanaan KKN selanjutnya sehingga kedepan berjalan dengan nyaman, aman, dan mahasiswa bisa menghasilkan program-program yang andal sehingga bisa membantu Masyarakat. Apresiasi yang tinggi kami aturkan kepada tim pelaksana, yaitu panitia KKN yang telah bekerja dan tak kenal lelah demi terlaksananya KKN tahun 2023,” imbuhnya.  

Sementara itu, Ketua Panitia KKN UNMUL Angkatan ke-49 Tahun 2023, Dr. Muhammad Arifin, M.Hum., dalam laporannya menyampaikan penyelenggaraan KKN tahun ini kami juga dievaluasi oleh Tim Evaluator. Saya kira dengan adanya evaluasi tahun ini adalah bagian dari rencana anggaran tahun berikutnya yang diharapkan lebih maksimal lagi. Insya Allah penyelenggaraan KKN tahun berikutnya semakin memungkinkan proses-prose di awal termasuk mengkomuninasikan dengan OPD-OPD se-Provinsi Kaltim,” urai Dr. Muhammad Arifin.

Lebih lanjut ia menambahkan, kami sangat berterima kasih kepada Pak Camat, Pak Lurah dan Pak Kades se-Provinsi Kaltim yang setiap tahun selalu mensupport UNMUL dalam penyelenggaran KKN. “Sehingga penyelenggaraan KKN, dimana mahasiswa kami membantu desa sebagai ujung tombak didalam penyenggaraan KKN tahun ini. Sekali lagi kami berterima kasih atas dukungan dan apresiasi terutama beragam ide dan gagasan menjadi area pembelajaran mahasiswa kami, dan ini merupakan bagian dari pengabdian UNMUL kepada Masyarakat di Provinsi Kaltim,” urainya. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 22 Agustus 2023

Universitas Mulawarman