Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Terima 11 Mahasiswa Jepang Ikuti International Student Exchange Program

Universitas Mulawarman (UNMUL) menerima 11 orang mahasiswa Jepang peserta pertukaran pelajar International Student Exchange Program tahun 2024 yang bertajuk "The 2nd International Student Exchange Faculty of Forestry Mulawarman University Ulin Sustainability For The Future", di Fakultas Kehutanan pada Selasa (20/2/2024) pagi dengan dihadiri langsung oleh Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng.

Di Ruang Rapat Satu, Lantai Tiga Rektorat UNMUL tempat acara berlangsung, hadir pula Dekan dan para mahasiswa yang akan mengikuti program dimulai dari tanggal 20-29 Februari 2024 tersebut.

Mereka juga mendapatkan pembelajaran program studi di luar maupun institusi university diluar negeri dan ini adalah salah satu implementasi untuk Fakultas Kehutanan. Program ini merupakan tahun kedua, UNMUL bersama mitranya kembali melakukan program pertukaran pelajar bertajuk "The 2nd International Student Exchange Faculty of Forestry Mulawarman University Ulin Sustainability For The Future".


Ke-11 mahasiswa Jepang nanti akan mempelajari sesuai dengan background mereka yaitu Fakultas Kehutanan berupa tropical rainforest sesuai dengan pendekatan saintifik orientasi pola ilmiah pokok UNMUL, mempelajari tentang bagaimana forest management yang ada di daerah rainforest seperti yang ada di Kalimantan Timur, serta mereka juga melihat kondisi hutan yang ada di Indonesia.

Ada terdapat 3 universitas Jepang yang akan mengikuti program International Student Exchange yaitu Kyoto University, Kyoto Prefectural University, Mie University dan juga ada stakeholder dari Perusahaan Kehutanan yang ada di Jepang yaitu Hayashida Junpei Shoten Co. Ltd serta Perusahaan lainnya yang di Samarinda dan sudah bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan UNMUL.

Tidak hanya itu, Prof. Abdunnur juga menekankan kepada seluruh peserta pertukaran pelajar untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang ada di UNMUL. “Ini akan menjadi sebuah relationship international student yang kita bangun, sehingga mahasiswa UNMUL memiliki international science untuk membangun komunikasi dan masing-masing mendapatkan manfaat yang positif dari kedua belah pihak,”ucap Rektor UNMUL. (hms/zul/fjr)

Foto: Hartanto

Tanggal : 21 Februari 2024

Fakultas Kehutanan Kyoto Prefectural University Mie University Hayashida Junpei Shoten Co. Ltd International Student Exchange jepang Kyoto University unmul