Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Sosialisasikan SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan SMMPTN UNMUL 2021 Secara Daring

Universitas Mulawarman (UNMUL) menyenggarakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) UNMUL 2021. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara daring (online), Selasa (2/2).

Acara sosialisasi penerimaan mahasiswa baru dibuka oleh Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menyampaikan hari ini kita bersama-sama dalam bentuk suatu komunikasi yang dikemas dalam UNMUL menyapa untuk mensosialisasikan agenda tahunan dalam rangka menjaring calon mahasiswa secara khusus anak-anak kita yang ada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). “Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak khususnya yang mengagendakan pertemuan ini. Oleh karena itu, Insha ALLAH karya dan kerja kita semua mendapatkan pahala dan ridho dari ALLAH SWT. Kepada anak-anakku sekalian siswa dan siswi yang ada di Provinsi Kaltim,” tuturnya.

Prof. Masjaya juga menegaskan, bahwa ada upaya anak-anak kita tidak hanya masuk di UNMUL tapi juga masuk di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. “Harapan saya kepada anak-anakku sekalian agar memilih UNMUL sebagai pilihan pertama karena kita juga sudah termasuk peminatnya cukup tinggi sehingga itu memungkinkan untuk masuk dikategori yang paling utama untuk kita nilai dan diharapkan bisa diterima,” urainya.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim yang diwakili oleh Pak Kris mengatakan kegiatan sosialisasi seperti ini sangat bermanfaat, berharga dan selalu dinantikan. “Karena sejak pengalihan kewenangan pendidikan sesuai dengan UU No.23 Tahun 2014 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu yang kadang kita pembinaan pendidikan khusus. Kalau dari rohnya bahwa tugas dari teman-teman di SMA adalah menyiapkan anak-anak kita untuk bisa studi lanjut. Kalau yang SMK bagaimana menyiapkan anak-anak untuk bersaing didunia kerja ataupun usaha sedangkan di pendidikan khusus bisa itu untuk mandiri termasuk menyiapkan mereka di dunia kerja bahkan juga untuk menyiapkan studi lanjut,” jelasnya.

Sebenarnya ini juga, lanjutnya, sudah terkait dengan Program Kepala Dinas kita menyadari bahwa tidak semua anak lulusan SMA itu nanti bisa melanjutkan studi. Bahkan juga anak-anak di kalangan Pendidikan. “Maka dari itu, kami sangat menyambut baik dan gembira, mudah-mudahan informasi ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman Kepala Sekolah MKKS, Guru BK yang hadir untuk menyampaikan kepada anak-anak kita terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di UNMUL. Pak Kepala Dinas sebenarnya memiliki program luar hanya terkendala oleh pandemi Covid-19 yaitu ada istilah bridging training dan bridging course jadi sebenarnya beliau punya program kalau anak-anak SMA tidak melanjutkan studi setelah ujian akhir akan ada kegiatan semacam pembekalan keterampilan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono mengatakan bahwa sebenarnya setiap tahun kita hadir ke sekolah-sekolah yang di Kaltim dengan menunjuk beberapa pusat untuk menyampaikan sosialisasi tetapi akibat dari kondisi pandemi Covid-19 tahun ini maka kita hanya bisa melaksanakan melalui daring dan tentu saja ada beberapa hambatan yang kita hadapi termasuk terkait dengan jaringan, untuk itu sebagai Ketua Panitia saya ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. “Tapi saya yakin ibu dan bapak sekalian sudah sangat memahami mengenai Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi yang diselengarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang ada di Indonesia ini.

“Kita melaksanakan tes dimana di dalam tes ini di fasilitasi oleh suatu lembaga yaitu LTMPT. LMPT ini memang memfasilitasi seluruh perguruan tinggi yang tergabung. Ada perbedaan tahun ini dengan sebelumnya, didalam tahun ini jumlah perguruan tingginya bertambah karena Politeknik juga menjadi bagian dari perguruan tinggi yang mengikuti proses pelaksanaan tes masuk khususnya SNMPTN dan SBMPTN. Saya ingin sampaikan bahwa LTMPT memang lebih banyak memfasilitasi atau hanya memfasilitasi proses masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN,” pungkas Prof. Agung.

Untuk diketahui, jadwal pelaksanaan SNMPTN yakni registrasi akun LTMPT 4 Januari-1 Februari, penetapan siswa yang eligible oleh Sekolah 4 Januari–8 Febuari, pengisian PDSS mulai 11 Januari–8 Februari, pendaftaran SNMPTN 15 Februari–24 Febuari, dan pengumuman SNMPTN 22 Maret 2021.

Selain itu, UNMUL menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur yakni SNMPTN dengan kuota minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen dan SMMPTN maksimal 30 persen.  

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, MA dan SMK Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, Para Kepala Sekolah SMA, SMK dan MA Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, Para Guru serta Para Siswa. (hms/zul)

 

Screen Shoot: Robby Adhitya

 

Tanggal : 02 Februari 2021

Universitas Mulawarman