Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN di Kota Samarinda

Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Kota Samarinda.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL, Senin (9/12) ini diikuti puluhan siswa dan siswi yang ada di Kota Samarinda, baik itu SMA, SMK maupun MA. Tidak hanya dari kalangan siswa, kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri kepala sekolah serta guru yang mendampingi para siswanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono saat membuka sosialisasi menyampaikan UNMUL berterimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh sekolah yang sudah meluangkan waktu untuk pelaksanaan sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN khususnya tahun 2020 yang memang dibandingkan dengan tahun sebelumnya dilaksanakan lebih awal karena memang proses penerimaan mahasiswa baru 2020 menjadi catatan untuk bisa dilaksanakan lebih awal.

“Mengingat ada keinginan dari pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk bisa terus menyempurnakan sistem penerimaan yang ada. Kalau di tahun lalu kita masih pada situasi misalnya pelaksanaan tes masuk SBMPTN itu dilakukan di Bulan April untuk tahun ini kita bisa start lebih awal,” tutur Prof. Agung.

Prof. Agung menambahkan, kuota untuk penerimaan mahasiswa baru 2020 untuk jalur SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen lalu jalur mandiri itu maksimum 30 persen. “Semoga kegiatan sosialisasi pada hari ini bisa berjalan dengan lancar ini kesempatan kepada ibu dan bapak sekalian untuk bisa menanyakan karena ini juga akan sangat berpengaruh nasib dari anak didik atau siswa yang ada di sekolah bapak dan ibu sekalian. Untuk kepada siswa apabila ada hal yang perlu dipertanyakan jangan disimpan coba ditanyakan saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, registrasi akun LTMPT mulai 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020, pengisian PDSS dan pemeringkatan siswa oleh sekolah mulai 13 Januari hingga 6 Februari 2020, pengumuman siswa yang eligible untuk daftar SNMPTN 13 Januari hingga 6 Februari 2020 (setelah sekolah melakukan finalisasi pengisian PDSS), pendaftaran SNMPTN dari 11 hingga 25 Februari 2020, pengumuman hasil SNMPTN (pukul 15.00 WIB) 4 April 2020, dan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN lihat dilaman masing-masing PTN. (hms/zul)

 

Foto: Sulkarnain dan Robby Adhitya 

Tanggal : 09 Desember 2019

Universitas Mulawarman