Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Siap Jadi Tuan Rumah Rapat Kerja KUC

Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional (LI) ditunjuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan Rapat Kerja Kalimantan Universities Consortium (KUC). Dengan mengangkat tema “Memperkokoh Jejaring KUC Melalui Implementasi Kampus Merdeka Menyongsong Pembangunan Kawasan IKN Sebagai Kebangaan KALIMANTAN”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, dari Rabu hingga Kamis (19-20/2022).

Tahun ini, melalui pertemuan pengelola Kantor Layanan Internasional angggota KUC pada tanggal 22 Juli 2021 telah sepakat untuk memilih Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur sebagai Ketua Komite Pelaksana KUC sampai dengan waktu yang ditentukan. Kepercayaan ini menjadi istimewa karena Kalimantan Timur telah ditetapkan sebagai wilayah pengembangan Ibu kota negara yang baru. Posisi Kalimantan menjadi sangat strategis dan penting dalam mewarnai kebijakan maupun keputusan-keputusan penting kehidupan bangsa dan negara Indonesia ke depan.

Kalimantan Universities Consortium (KUC) merupakan konsorsium yang dibentuk tahun 2015 sebagai hasil kesepakatan beberapa Universitas di Pulau Kalimantan. Saat ini KUC beranggotakan delapan universitas yakni, Universitas Tanjungpura (UNTAN), Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Mulawarman (UNMUL), Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Balikpapan (Uniba), Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Politeknik Negeri Pontianak (Polnep). Konsorsium tersebut telah sepakat untuk melakukan perjanjian yang dijalankan bersama seperti kegiatan internasional, pertukaran dosen dan mahasiswa, berbagi sumber daya, berbagi mitra, penelitian bersama, konferensi bersama dan sebagainya. KUC  diharapkan dapat menciptakan hubungan timbal balik antara semua pihak yang terlibat di dalamnya. KUC juga mendukung program-program pembangunan demi kemajuan Kalimantan.

Adapun Tujuan dari program kegiatan ini adalah:

  1. Menyediakan ruang diskusi semua pihak yang berkepentingan untuk turut berperan serta dalam memberikan kontribusi terhadap keputusan perpindahan dan pembangunan ibu kota negara ke Kalimantan.
  2. Menguatkan kembali jejaring kerja sama antar anggota dengan beragam kegiatan yang saling menguntungkan.
  3. Mengembangkan jejaring KUC dengan menambah jumlah keanggotaan dari perguruan tinggi di Kalimantan yang belum tergabung.

Luaran yang diharapkan dari program kegiatan ini adalah terbangunnya kerja sama kelembagaan dan terjalin sinergi positif antar berbagai pemangku kepentingan dalam pembangunan Kalimantan yang berkelanjutan, terutama menyambut isu kepindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan.

Untuk kegiatan tanggal 19 Januari 2022 yang dilaksanakan di Gedung UNMUL HUB, kegiatannya meliputi, pembukaan Rapat Kerja, Orasi Ilmiah dari Gubernur Kaltim dan Penandatanganan MoU KUC. Kemudian keesokan harinya tanggal 20 Januari 2022, kunjungan ke IKN dan deklarasi untuk penguatan peran KUC dalam pembangunan IKN. (hms/zul)    

Tanggal : 18 Januari 2022

Universitas Mulawarman