Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Resmi Melepas 12 Mahasiswa FKIP UNMUL ke Filipina dan Vietnam Program SEA Teacher Exchange Batch 9

Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL), Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., secara resmi melepas Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL ke Filipina dan Vietnam Periode Tahun, sebanyak 12 mahasiswa. Pelepasan mahasiswa FKIP UNMUL ke Filipina dan Thailand tersebut dalam rangka Program SEA Teacher Exchange Batch 9 yang ditandai dengan pengalungan ID Card kepada perwakilan mahasiswa secara simbolis oleh Rektor UNMUL, Jum’at (18/8/2023).

“Sanggat membanggakan bagi universitas untuk menuju World Class University salah satu programnya seperti hari ini kegiatan SEA Teacher Exchange Program Batch 9 tahun 2023 dari FKIP UNMUL. Saya mengucapkan terima kasih kepada Dekan FKIP UNMUL dan seluruh jajarannya. Saya kira program yang seperti ini kita harus proaktif dan mengikuti semua program internasional. Dan ini tentu harus diikuti oleh semua fakultas yang ada di UNMUL. Ini merupakan starting point dari FKIP yang harusnya lebih luas terlibat,” ungkap Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU.

Tak lupa Rektor UNMUL turut memberikan apresiasi dan penghargaan atas program ini. “Tentu banyak program pembelajaran bukan hanya nanti pada saat di sana mendapatkan knowledge tapi juga terkait dengan bidang studi. Saya pikir ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi adik-adik mahasiswa. Karena tidak semua orang punya kesempatan untuk ke sana, jangankan mahasiswa, dosen saja belum tentu memiliki peluang ataupun kesempatan ke sana,” kata Rektor UNMUL saat memberikan arahan kepada mahasiswa yang mengikuti program SEA Teacher Exchange Batch 9.

“Belajarlah dari semua hal, sehingga dengan belajar itu tentu banyak hal nanti yang bisa kita kembangkan. Sehingga lulusan kita tidak hanya memiliki kemampuan yang standar-standar saja, tetapi memiliki value, skill dan best experion. Saya pikir bukan hanya menyiapkan bagaimana di sana harus belajar terkait pengetahuan dan budaya sebagai learning proses. Tapi juga pada saat di sana disiapkan fisik dan mental,” tegas Prof. Abdunnur.

Sementara, Dekan FKIP UNMUL, Prof. Dr. H. M. Amir, M.Kes., menuturkan program yang diikuti mahasiswa FKIP UNMUL ini merupakan kegiatan dan kesempatan yang sangat bagus. “Sehingga bisa mengembangkan diri pada adik-adik mahasiswa. Semoga menjadi yang terbaik sana. Tunjukkanlah bahwa kalian berangkat sebagai duta, membawa nama besar UNMUL,” tutur Prof. Amir.

PIC SEA Teacher Program Exchange Batch 9 FKIP, Dr. Sunardi, S.S., M.Hum., menyampaikan program SEA Teacher ini berawal dari koordinasi antara Menteri Pendidikan Se-Asia. “SEA Teacher itu adalah program digagas oleh para Menteri untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa khusus yang ada di LPTK dan Fakultas Keguruan se-Asia. Alhamdulillah dalam program ini terhimpun hampir 100 universitas dari beberapa negara. Beberapa negara yang terlibat yaitu, Filipina, Thailand, Vietnam, Indonesia, yang paling banyak dari Indonesia. Itupun melalui proses seleksi, jadi tidak semua masuk. Keikutsertaan UNMUL itu dimulai sejak 2018, pada saat itu masuk di batch 6 dan universitas yang bekerja sama dengan kita ada 4 universitas. Pada waktu itu kita sudah mengirim delapan mahasiswa ke Thailand dan Manila,” ungkap Dr. Sunardi yang juga Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FKIP.

Di tahun 2023 ini, lanjut Dr. Sunardi, kita juga bertambah satu universitas lagi menjadi 5 universitas yang siap menerima mahasiswa kita yang sebanyak 12 mahasiswa. “Jadi ada sedikit peningkatan dari tahun sebelumnya, di tahun 2018 hanya 8 mahasiswa. Alhamdulillah di tahun 2023 ini ada peningkatan menjadi 12 mahasiswa. Mudah-mudahan ini akan meningkat seterusnya dari waktu ke waktu. Karena program ini akan berlanjut terus-menerus. Memang sempat terhenti di waktu pandemi, sehingga programnya terhenti. Di Bulan Mei, kita undang kembali ke Bangkok untuk membuka kembali program ini dan Alhamdulillah program kembali berjalan di tahun 2023 tepatnya Bulan Agustus. Insya Allah di tanggal 24 Agustus 2023 kita mengirim mahasiswa kita Filipina dan Vietnam,” urai Dr. Sunardi.

Pelepasan mahasiswa FKIP UNMUL ke Filipina dan Vietnam ini dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat UNMUL, yang juga dihadiri para Wakil Rektor UNMUL, Dekan dan jajaran pejabat yang ada di FKIP UNMUL, Kepala UPT LI, mahasiswa serta para pejabat yang terkait. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 18 Agustus 2023

Universitas Mulawarman