Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Mengaji dalam Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar kegiatan UNMUL Mengaji yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan pada tahun 2023 ini bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis (28/9/2023) atau 12 Rabiul Awal di Masjid Al Fatihah UNMUL dengan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Prof. Dr. Iwan M. Ramdan, M.Kes, Ketua LP2M, Prof. Widi Sunaryo, SP., M.Si., Ph.D, serta pejabat lainnya yang berada di Lingkungan Universitas Mulawarman.

Melalui laporannya, Dr. Ir. Komsanah Sukarti, MP selaku Koordinator UNMUL Mengaji yang juga Dekan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNMUL ini menyampaikan bahwa ditunjuk menjadi koordinator dari kegiatan UNMUL Mengaji merupakan kehormatan bagi FPIK. "Rangkaian dari kegiatan ini diawali dengan 13 fakultas yang ada di UNMUL. Karena bertepatan dengan usianya yang ke-61 tahun, dibagi menjadi 13 fakultas dan nantinya setiap fakultas akan mendapatkan 4 sampai dengan 5 Khatmil Quran,” jelas Dr. Komsanah.

Lebih lanjut, ia pun menjelaskan bahwa beberapa fakultas di UNMUL sudah memiliki majelis untuk mengaji setiap pekan dan sudah menjadi rutinitas.

Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., juga mengucapkan rasa syukurnya melalui kegiatan ini dan ucapan terima kasih kepada komponen yang terlibat dalam UNMUL Mengaji ini. Terutama dengan adanya 61 orang yang dapat Khatam Al-Qur'an pada hari ini. "Kesyukuran atas apa yang sudah kita capai juga diiringi oleh kegiatan yang bernuansa ibadah lewat UNMUL Mengaji. InsyaAllah akan dilaksanakan setiap tahunnya. Semoga juga pada bulan Desember 2023 ini dapat dilaksanakan UNMUL Bersholawat, mohon dukungannya,” ucap Guru Besar dari FPIK ini.

Tentunya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik lewat dukungan dari berbagai pihak diantaranya dari Pusdima UNMUL hingga tak juga lepas dukungan dari eksternal kampus antara lain Baznas, Bank BSI dan juga Bank Muamalat. Pada UNMUL Mengaji ini juga menghadirkan Tausiyah Agama dari Ustadz Dr. Ir. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum dan Kuliah Siang dari Ustadz Ibnu Khaldun, S.ThI., M.IRKH yang membahas tentang Eco Masjid dari Masjid Wujudkan Kehidupan Berkelanjutan. Bila ingin menyaksikan kembali tausiyah maupun kuliah siang dari UNMUL Mengaji, silakan menuju kanal YouTube UNMUL TV. (hms/tik/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 29 September 2023

Universitas Mulawarman