Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Luluskan 1.640 Alumni di Wisuda Gelombang III

Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali meluluskan para mahasiswa dan mahasiswi yang kini telah beralih status menjadi alumni atau wisudawan dan wisudawati melalui prosesi Wisuda Gelombang III pada Sabtu (23/09) di GOR 27 September, Kampus Gunung Kelua, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

 Diikuti oleh 1.640 orang, melalui laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Lambang Subagiyo, M.Si menyampaikan bahwa saat ini UNMUL memiliki mahasiswa sebanyak 35.729 orang yang terbagi atas 13 Fakultas, 1 Program Pascasarjana.

“Pada prosesi wisuda kali ini diikuti oleh 1.640 orang, terdiri dari Diploma 3 sebanyak 1 orang, S1 sebanyak 1.440, Profesi sebanyak 122 orang, S2 sebanyak 75 orang dan S3 sebanyak 2 orang,”  jelasnya saat memberikan laporan.

Lebih lanjut, dikesempatan ini Prof. Lambang pun menyebutkan nama para lulusan terbaik tingkat universitas antara lain dari Program Pascasarjana atas nama Fatimah Jahrah dari Magister Ilmu Perikanan dengan IP 4.00 masa studi 2 tahun 4 bulan predikat dengan pujian.

Program Sarjana, Paulus Wahyuda Liah Beq dari Program Studi Agribisnis IP 3.99 masa studi 4 tahun 1 bulan predikat dengan pujian. Program Profesi, Annisa Fitri Fadhilah. dari Profesi Kedokteran, IP 3.82 masa studi 2 tahun 5 bulan dengan predikat dengan pujian.

Guru Besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL itupun mengharapkan para lulusan dari UNMUL dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan menjadi amal ibadah bagi masing-masing lulusan.

“Prosesi ini menjadi sangat spesial bagi para wisudawan dan wisudawati karena bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Mulawarman ke-61 pada 27 September 2023 nanti,” katanya.

Sementara, Wakil Wisudawan dari Fakultas Kehutanan, Yusri, menyampaikan sambutan dan rasa terima kasihnya serta memohon maaf kepada sivitas akademika UNMUL selama menjadi mahasiswa dan menjalani segala proses selama berkuliah.

“Hari ini adalah hari berarti bagi kita semua dan yang kita nantikan sejak mulai berkuliah di UNMUL, hadirnya kita disini bahwa kita mampu melewati berbagai tugas, laporan hingga tugas akhir”, ucapnya. Ia pun menambahkan rasa terima kasih kepada orang tua yang tidak terhingga dan menyemangati para wisudawan untuk mencapai tujuan masing-masing serta membantu juga dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalimantan Timur.

Rektor Universitas Mulawarman, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang kini resmi menyelesaikan studinya di UNMUL dan diharapkan siap untuk memberikan sumbangsih kepada Provinsi ini.

“Para wisudawan juga perlu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan network serta ilmu yang telah diterima juga dapat membawa manfaat, memberikan kontribusi melalui pengembangan IKN serta dapat berperan aktif dalam pengembangan SDM di Kalimantan Timur,” jelas Guru Besar dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ini.

Beliau pun menambahkan bahwa pada 21 September 2023 lalu, UNMUL baru saja melaksanakan prosesi Pengukuhan dan Orasi Ilmiah kepada 36 Guru Besar dan menyusul pula pada pekan ini disampaikannya, terdapat 3 Surat Keputusan Guru Besar yang baru.

“Ini merupakan capaian terbesar bagi UNMUL dan juga aksi nyata untuk berkontribusi dalam pembangunan Kalimantan Timur yang kini menjadi Ibu Kota Negara yakni Nusantara,” tegasnya. Acara wisuda ini juga disiarkan secara Live Streaming melalui Kanal YouTube UNMUL TV dan dapat disaksikan langsung oleh para keluarga para wisudawan maupun wisudawati. (hms/tik/frn)

 

Foto: Hartanto dan Ahmad Yusuf

 

Tanggal : 23 September 2023

Universitas Mulawarman