Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Lolos Tahap 3 ZI WBK dan WBBM

Universitas Mulawarman (UNMUL) telah lolos dalam Program Strategi Nasional untuk Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Perguruan Tinggi Tahap 3. UNMUL masuk 1 diantara 11 perguruan tinggi atau yang lain masuk tahap 3.

Setelah dinyatakan lolos dari tahap 3 dan masuk ke tahap 4 Evaluasi Zona Integritas (ZI) oleh Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) telah mencanangkan Zona Integritas sejak awal. Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang memiliki komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Ada 70 kementerian/lembaga, 20 pemerintah provinsi, dan 161 pemerintah kabupaten/kota, dan dengan total 3.691 unit kerja layanan yang diusulkan mendapat predikat ZI. Ditjen Dikti mencanangkan 14 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah menerapkan Zona Integritas(ZI) serta Setditjen Dikti. Ditjen Dikti ditunjuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai pembina yang mendampingi 14 PTN tersebut dalam upaya mendapatkan predikat ZI.

UNMUL bersama  10 PTN dinyatakan lolos tahap 3 dan melaju ke tahap 4. Evaluasi ini dilakukan oleh Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) berdasarkan survei eksternal dari Tim Penilai Kemenpan RB. Adapun 11 PTN tersebut yaitu Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Tanjungpura, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin, Universitas Riau, dan Universitas Lambung Mangkurat. (hms/zul)

Tanggal : 24 Oktober 2020

Universitas Mulawarman