Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Lepas Kepulangan Mahasiswa MBKM PMM

Salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek),  yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan Pertama Tahun 2021 telah berakhir di Universitas Mulawarman (UNMUL). Kegiatan pelepasan secara simbolis dilaksanakan di Ruang Lecture Theatre, UNMUL HUB secara Hybrid selain dihadiri para mahasiswa peserta Program PMM, tampak juga para Wakil Rektor dan PIC MBKM PMM UNMUL.

Dalam laporannya, PIC MBKM UNMUL, M. Hasyim Mustamin, M.Ed mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pihak karena telah membantu dan memfasilitasi Mahasiswa PMM saat melakukan Proses Belajar Mengajar di Kampus. Kamis, (13/01).

“Program ini bisa terlaksana setiap semester ganjil dan akan semakin banyak peminatnya. Tentu saja, adik tingkat selanjutnya dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti program PMM. Dalam setiap pertemuan, terdapat juga sebuah perpisahan. Begitu juga dengan program PMM ini, seluruh mahasiswa yang mengikuti program ini dapat banyak belajar melalui banyak aspek dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, saat kembali menuju Perguruan Tinggi masing-masing pun, para mahasiswa dapat membawa Kartu Hasil Studi yang dapat diserahkan ke Perguruan Tinggi asal.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Ir. Bohari Yusuf., M.Si menyatakan program PMM diketahui adalah program lama yang beberapa kali berubah nama hingga menjadi Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang hadir pada semester ganjil.

"Program ini juga membantu mahasiswa untuk saling mengenal satu sama Iain juga belajar tentang berbagai hal di Universitas Mulawarman.", jelasnya saat memberikan sambutan.

Bertindak mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono menyampaikan pesan kepada mahasiswa dalam setiap pelaksanaan kegiatan sudah tentu terdapat berbagai kendala atau kekurangan. Namun begitu, dirinya meyakini tim terkait Program PMM  sudah bekerja dengan baik dan maksimal agar aktivitas akademik berjalan lancar.

“Sebuah pesan kepada mahasiswa PMM, there is a time to say hello and there is a time to say goodbye. Dalam setiap pelaksanaan program, tentunya terdapat sebuah kekurangan. Hal ini merupakan pengalaman baru dan sedikit sulit. Dan bila kita dapat melaksanakan dengan baik, maka ada keberhasilan yang kita capai,” pungkas Guru Besar Fakultas Kehutanan UNMUL ini. (hms/tik/frn)

 

Tanggal : 13 Januari 2022

Universitas Mulawarman