Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Lakukan Sosialisasi Aturan Baru Masuk PTN 2019

Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Tahun 2019. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai Empat Rektorat UNMUL, Senin (11/02).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono menyatakan bagi perguruan-perguruan tinggi yang besar khususnya PTNBH tidak begitu masalah karena mereka memiliki sumber daya yang bisa digunakan untuk pelaksanaan sosialisasi dan biasanya wilayah mereka yang umumnya di Jawa itu tidak begitu sulit aksesivitasnya yang cukup tinggi. “Tapi kita yang berada di Kalimantan Timur (Kaltim) ini dengan aksesivitas dengan beberapa wilayah yang masih rendah atau sulit, mau tidak mau kita harus membagi menjadi beberapa zona. Sebagai contoh saat ini kita membagi sekitar 4-5 zona yang disatukan dalam rangka sosialisasi dan itu tentu saja membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit,” jelas Prof. Agung dihadapan para kepala sekolah, guru maupun siswa dari berbagai sekolah yang ada di Samarinda.

Sehingga begitu ada kepastian, lanjut Prof. Agung, baru kami bisa bergerak. Meskipun demikian, kami bisa memahami karena sebetulnya yang paling penting adalah informasi terkait dengan sistem yang berubah yaitu untuk SBMPTN yang dulu sebagai dilakukan dengan cara tes tertulis, untuk tahun ini pertama kalinya semuanya berbasis komputer baik tes maupun penilaiannya yang berbasis pada komputer atau yang disebut dengan UTBK.

“Jadi satu cara melalui tes untuk melihat nilai seseorang yang akan dimanfaatkan untuk penilaian. Tetapi yang perlu diketahui oleh kita semua, bahwa hal tes itu bukan satu-satunya nilai atau pertimbangan untuk masuk. Jadi masih tetap ada informasi atau data siswa yang dibutuhkan dalam rangka untuk mempertimbangkan, nanti akan digabung dengan hasil tes tersebut yang memungkinkan untuk suatu perhitungan dalam rangka menetapkan seseorang tersebut diterima apa tidak,” tutur Guru Besar Fakultas Kehutanan UNMUL ini.

Selain sosialisasi di Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara, UNMUL juga melakukan sosialisasi diantaranya, Balikpapan, Kabupaten Kutai Timur, Bontang, Kabupaten Paser, Kabupatan Kutai Barat, Kabupaten Penajam Paser, Kabupaten Mahulu serta Kabupaten Berau sebagai sasaran sosialisasi penerimaan mahasiswa tahun ini. (hms/zul/rud)

 

Foto: Rudini dan Sulkarnain

Tanggal : 11 Februari 2019

Universitas Mulawarman