Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Laksanakan Seleksi KDMI Tingkat Universitas Tahun 2023

Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan Seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Universitas tahun 2023 . Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari, dari Senin hingga Rabu (19-21/6/2023). Acara pembukaan Seleksi KDMI Tingkat Universitas Tahun 2023 di gelar di Gedung Prof. Ir. H. Rahmat Hernadi, M.Sc., Senin (19/6/2023).

“Kita berkumpul pada hari ini dalam rangka acara pembukaan Seleksi KDMI Tingkat Universitas Tahun 2023. Kegiatan ini memang rutin kita laksanakan setiap tahun. Jadi kegiatan-kegiatan yang mengangkat prestasi dari Mahasiswa UNMUL. Bukan hanya itu, ada kegiatan-kegiatan lain yang juga sudah diagendakan. Kegiatan Seleksi KDMI ini merupakan even terpenting yang dilaksanakan seluruh Perguruan Tinggi, tentunya untuk meningkatkan kualitas dan juga prestasi dari masing-masing mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi,” kata Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNMUL, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si.

Dalam seleksi kegiatan KDMI kali ini, lanjut Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, sungguh bangga UNMUL beberapa kali juga bisa mencapai target nasional walaupun belum mencapai juara. “Tetapi, dalam perkembangan dan peningkatan prestasi untuk adik-adik mahasiswa khususnya di Bidang Kemahasiswaan di bawah Koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ada peningkatan yang sangat signifikan. Karena kita ingin setiap kegiatan itu dilakukan dengan satu target, harus ada target yang dicapai. Sehingga, ini menjadi tanggung jawab kita bersama baik itu dari Universitas maupun dari adik-adik mahasiswa sebagai peserta,” tutur Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNMUL, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si.

Kegiatan pembukaan Seleksi KDMI Tingkat Universitas Tahun 2023 dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si. Dalam arahannya Prof. Bahzar menginginkan ada Mahasiswa UNMUL memiliki talenta, dan punya keberanian untuk lebih mengenalkan dan membuat bangga almamater UNMUL ke kancah nasional. “Sekarang ini tidak ada lagi zamannya demo tetapi di era sekarang adalah kompetisi otak, beradu konsep, gagasan. Saya turut berbangga yang ikut dalam kegiatan Seleksi KDMI ini,” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL, Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si.

Prof. Bahzar juga meminta kepada adik-adik mahasiswa untuk belajar mendisiplinkan diri, hadir tepat waktu pada saat kegiatan berlangsung. “Dengan mengikuti kegiatan seperti KDMI ini, akan menunjukkan kemampuan Saudara dalam hal berdiskusi. Tunjukkanlah kemampuan potensi yang ada pada di diri Anda, tidak usah takut. Tidak ada yang tidak bisa, semua bisa. Tunjukkanlah integritas Mahasiswa UNMUL yang memang memiliki talenta dan kemampuan. Silakan berkompetisi yang sehat,” ungkap Prof. Bahzar.

Kegiatan Seleksi KDMI tingkat Universitas Tahun 2023 ini diikuti dari berbagai fakultas yang ada di UNMUL, diantaranya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Farmasi (FF) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB). (hms/zul)

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 19 Juni 2023

Universitas Mulawarman