Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Kerja Sama Dengan PT. HUAWEI

Universitas Mulawarman (UNMUL) bekerja sama dengan PT. Huawey Investment And Holding yang merupakan perusahaan multinasional dan masuk dalam daftar Fortune 500 perusahaan terbesar dunia (Rank 61) dan telah melakukan implementasi kerjasama dengan UNMUL yakni  Huawei ICT Akademi. Pelaksanaan kegiatan ini seperti melakukan pendidikan dan pelatihan sertifikasi keahlian dosen (TTT) dan pilihan dengan Huawei ICT Akademi karena dalam bidang  akademi lainnya jauh lebih menarik tawarannya.

Implementasi kerjasama bidang Akademi dilakukan dengan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) dari 2019–sekarang (dibawah Fakultas Teknik). Pendidikan dan Pelatihan telah dilakukan dengan mengirim 5 dosen dari FKTI. Pelaksanaan pendidikan dan sertifikasi dosen menjadi tanggung jawab penuh oleh pihak PT Huawei. Saat ini posisi di Universitas Mulawarman ada 2 trainer HCAI RS dan 3 masih dalam proses, sedangkan program yang lagi berjalan adalah HCIA RS, tetapi karena kondisi Covid-19 sehingga agak terkendala. HCAI RS saat sedang dalam proses pembelajaran untuk sertifikasi keahlian mahasiswa dengan target 200 tahun 2020.

PT. Huawei juga melakukan kerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), dalam situasi Covid-19 dimana sistem tatap muka perkuliahan tidak dapat dilakukan secara fisik, maka PT. Huawei bekerja sama dengan LP3M melakukan kerjasama dalam pemanfaatan Sistem Pembelajaran daring. Dalam hal ini dilakukan seminar bersama dosen-dosen di lingkungan Universitas Mulawarman pada tanggal 21 Mei 2020 khususnya dalam memanfaatkan Aplikasi TEACHEE untuk pembelajaran daring dan WPS sebagai aplikasi yang dapat digunakan secara bersama-sama dalam melakukan kegiatan dalam mode daring. Kemudian kerja sama Aplikasi Teachee sangat sesuai dengan kebutuhan saat ini. Huawei menyediakan platform pembelajaran online khususnya dalam masa pandemi Covid-19. Aplikasi Teachee menyediakan interaksi dua arah antara Dosen atau guru dan siswa melalui streaming langsung seperti video, teks, audio. Hanya dengan beberapa klik saja, dosen dapat merencanakan dan melakukan pembelajaran secara online. Pelajaran dapat direkam dan diputar ulang untuk siswa dan guru. Huawei memberikan 2 Tahun gratis pemakaian utk UNMUL.

Kemudian PT Huawei dan UNMUL melakukan kerja sama Aplikasi WPS, WPS mendukung proses belajar mengajar dengan menyediakan 315 WPS VIP Account untuk Universitas Mulawarman. WPS mempunyai fitur baru yaitu WPS Docs, WPS Teams, WPS Form yang bisa sharing documents antar dosen dan mahasiswa, edit document dalam waktu yang sama, dan mengumpulkan informasi dengan lebih mudah. WPS VIP Account juga terdapat fungsi unggulan seperti PDF Editing, extraction, conversion dan lain-lain. (*nat/hms/zul)

Tanggal : 02 Juni 2020

Universitas Mulawarman