Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Jadi Kampus Pertama Dalam Gelaran Nusantara Goes To Campus

Universitas Mulawarman (UNMUL) menjadi kampus yang pertama kalinya dalam kegiatan Nusantara Goes To Campus. Pelaksanaan kegiatan Nusantara Goes To Campus merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) yang bekerja sama dengan UNMUL. Pelaksanaan kegiatan tersebut diselenggarakan di Auditorium UNMUL, Senin (7/8/2023), dengan tema “Pemuda Hebat, IKN Kuat”.

“Rasa Bangga dan sebuah bentuk apreasiasi disampaikan ke jajaran Otorita IKN yang telah menyelenggarakan Nusantara Goes To Campus. Yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia untuk tingkat perguruan tinggi di UNMUL,” urai Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU.

Lebih lanjut Rektor  mengungkapkan bahwa kegiatan Nusantara Goes To Campus memberikan kesempatan kepada para pemuda, khususnya mahasiswa UNMUL, dalam memenuhi Pembangunan Ibu Kota Nusantara. “Penyelenggaran kegiatan IKN Nusantara Goes To Campus merupakan bentuk apresiasi bagi seluruh mahasiswa UNMUL yang aktif berkontribusi dalam membantu Pembangunan IKN di Kalimantan Timur (Kaltim). IKN tidak dapat berdiri dan berkembang sendiri, melainkan harus didukung oleh kolaborasi antara berbagai pihak, terutama pemuda sebagai kader bangsa,” ungkap Prof. Abdunnur.

IKN haruslah berdiri dan dibangun bersama, lanjut Prof. Abdunnur, dengan dukungan dari semua pihak untuk memperlancar kegiatan nasional. “Ini tidak hanya tentang kegiatan, namun setiap kesempatan harus dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi positif sehingga IKN dapat terwujud sesuai dengan harapan kita semua. Seluruh Sivitas Akademika UNMUL, terutama mahasiswa dari seluruh Kaltim, dan unsur pimpinan kampus memiliki komitmen yang sama dalam memberikan dampak positif pada Pembangunan di wilayah IKN,” tutur Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNMUL.

Pemuda, kata Prof. Abdunnur, sebagai kader bangsa diajak untuk berpartisipasi secara aktif dan positif dalam mewujudkan visi dan misi IKN. “Otorita IKN yang telah menyelenggarakan kegiatan Nusantara Goes To Campus di UNMUL, sebagai bukti bahwa kebersamaan antara pemerintah pusat dan daerah serta universitas dalam mendukung pembangunan IKN. Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah, universitas dan seluruh elemen masyarakat, harapannya pembangunan IKN dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi seluruh bangsa Indonesia,” tegas Rektor UNMUL.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Kepala Otorita IKN, Sekretaris OIKN, Deputi Bidang Sosial dan Budaya serta Kepala Kantor OIKN Balikpapan serta beberapa staf ahli. Nusantara Goes To Campus yang dilaksanakan di Auditorium UNMUL juga dihadiri mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya yang ada di Kaltim, seperti, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI), Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag), Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim, Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM), STIMIK Widya Cipta Dharma, Universitas Muhammadiyah Kaltim (UMKT), Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dan Universitas Balikpapan (Uniba). (hms/zul)

Foto: Hartanto dan Pandu

Tanggal : 07 Agustus 2023

Universitas Mulawarman