Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Gelar Wisuda Gelombang I Tahun 2020 Secara Luring dan Daring

Untuk pertama kalinya, Universitas Mulawarman (UNMUL) menggelar wisuda dengan kombinasi secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) pada Sabtu (19/9). Kombinasi secara secara luring dan daring dilakukan mengingat pelaksanaan wisuda dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Dalam wisuda Gelombang I tahun 2020 ini UNMUL mewisuda sebanyak 1.526 orang. Terdiri atas  583 laki-laki dan 943 perempuan. Adapun untuk mahasiswa terbaik yaitu dari Program Sarjana atas nama Okianadila Safira Widodo dari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik dengan IPK 3,96 masa studi 3 tahun 7 bulan predikat dengan pujian. Untuk Program Pascasarjan atas nama Lossi Hotmaida Simanjuntak dari Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,96 masa studi 2 tahun 6 bulan predikat dengan pujian. Sementara untuk Program Doktor atas nama Jhonni Sinaga dari Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 4,00 masa studi 3 tahun 4 bulan predikat dengan pujian.

Rektor UNMUL yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono menyampaikan alhamdulillah hari ini kita bisa menyelesaikan tantangan yang paling besar dan tantangan yang paling berat terutama bagi kami UNMUL untuk melaksanakan kegiatan wisuda secara luring dan daring yang pertama kali. “Kami menyadari dan mengakui tentu saja banyak sekali kekurangan disana sini yang masih terjadi. Sebagai contoh misalnya mengapa tadi wisudawan maupun wisudawati itu ditampilkan kami tidak membacakan nama-namanya meskipun kami telah mempersiapkan dengan baik untuk membacakannya tetapi protokol kesehatan Covid-19 telah meminta kami untuk tidak melakukan itu atas dasar pertimbangan baik waktu dan tentunya adalah keselamatan dan kesehatan kita semuanya,” kata Prof. Agung.

Atas nama UNMUL, lanjut Prof. Agung, kami menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada wisudawan dan wisudawati khususnya juga kepada para orang tua yang kami sadari dan kami juga bisa memahami begitu kecewa atas apa yang telah terjadi. “Tetapi sekali lagi ini ini semua sama sekali bukan kehendak kita tetapi aturan protokol lah yang membuat kami harus mengikuti demi keselamatan kita semua. Tak lupa juga ucapan salam hormat dari Bapak Rektor UNMUL beserta seluruh Civitas Akademika khususnya kepada para dosen yang memang saat ini tidak bisa menghadiri secara langsung acara ini di tempat sekali lagi karena juga protokol kesehatan dan beliau-beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati serta seluruh keluarga atas keberhasilan dan akhirnya dan proses wisuda bisa dijalankan untuk hari ini,” tutur Prof. Agung.

“Kami juga ingin menyampaikan pesan kepada para wisudawan dan wisudawati bahwa saudara semua menjadi duta-duta UNMUL dan oleh karenanya kami benar-benar sangat mengharapakan bahwa saudara-saudara sekalian akan tetap terus membawa nama baik almamater Anda UNMUL dengan prestasi-prestasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami yakin sebagai lulusan UNMUL memiliki kemampuan dan kapasitas yang juga mampu bersaing dari manapun juga. Kepada para orang tua dan keluarga kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya yang telah mempercayakan kepada kami selama 3 hingga 7 atau 8 tahun untuk bisa memberikan atau mentransfer ilmu pengetahuan kepada putra dan putri, ibu dan bapak semuanya kepada suami atau istri dan kepada keluarga dan kami mohon maaf seandainya selama proses studi ada hal-hal yang mungkin belum sesuai dengan harapan tapi Insya ALLAH, kami akan senantiasa mencoba untuk memperbaiki,” pintanya. (hms/zul)

Foto    : Hartanto

Video  : Firdan Farezal

Tanggal : 19 September 2020

Universitas Mulawarman