Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Gelar Sosialisasi Segmen Akun Belanja

Biro Umum dan Keuangan (BUK), Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Sub Bagian Akuntansi dan Pelaporan mengundang para pegawai yang bertanggung jawab dalam pengelolaan penyusunan rencana kegiatan atau pengelola keuangan pada unit kerja di lingkungan UNMUL dalam kegiatan Sosialisasi Terkait Segmen Akun Belanja.

Dalam rangka memberikan hasil pemahaman bersama, Kepala Sub Bagian Akuntansi dan Pelaporan, BUK UNMUL, Fajrian Nur Darmansyah, S.Sos., M.Si sebagai Ketua Panitia sosialisasi menyampaikan, undangan yang hadir pada sosialisasi yang bertempat di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat UNMUL, Selasa, (08/10) itu, adalah sebanyak 49 unit kerja, yang terdiri dari beberapa unit kerja di Rektorat, UPT, ULS, dan seluruh unit kerja Fakultas di lingkungan UNMUL.

Kegiatan ini ungkapnya, merupakan bentuk hasil evaluasi yang sudah dilakukan sebelumnya dari kegiatan pengelolaan keuangan di tahun 2018. Serta hasil audit review internal maupun eksternal. “Inti dari kegiatan ini agar ke depan kita semua dapat berkolaborasi bersama antara semua unit kerja di UNMUL, sehingga beban perencanaan penganggaran tidak dibebankan dalam satu unit saja. Namun semua unit memiliki  fungsi utama,” jelasnya.

“Beberapa unit yang ada di UNMUL merupakan komponen – komponen utama dari terbentuknya suatu penganggaran yang tepat sasaran ditambah nantinya akan menghasilkan output laporan keuangan yang handal,” tambahnya.

Di tempat yang sama, sebelum membuka acara secara resmi, Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan UNMUL, Dr. Ir. H. Abdunnur., M.Si berharap ke depan tidak akan adalagi perbedaan persepsi dalam merencanakan penganggaran termasuk di dalam menentukan akun belanja apa saja yang tepat dalam sebuah rencana program kegiatan. Hal itu jelasnya, agar proses perencanaan penganggaran, proses pencairan dan pembelanjaannya tidak terganggu, khususnya di proses penginputan serta pertanggungjawaban.

“Sehingga ke depan, tentunya diharapkan keinginan pimpinan agar serapan anggaran sesuai dan tepat waktu dapat tercapai, begitu juga dengan laporan keuangannya. Evaluasi serapan anggaran akan selalu diawasi Rektor, karena menjadi salah satu indikator dalam pemeringkatan Fakultas, dan mungkin juga ke depan hal ini berlaku juga untuk semua unit kerja yang ada di UNMUL,” tuturnya.     

Dalam kegiatan ini harapnya, lebih banyak diisi diskusi dan peserta dapat mengoptimalkan waktu yang tersedia, karena materi yang disampaikan narasumber menjadi bagian penting dalam aktivitas pekerjaan sehari – hari untuk bidang perencanaan, pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban.

Di sosialisasi ini, panitia menghadirkan Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, Deni Herdianto dan Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat, Muhammad Gunadi dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai pemateri utama. (hms/frn)

 

Foto: Firdan Farezal

 

Tanggal : 08 Oktober 2019

Universitas Mulawarman