Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024

Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. Sosialiasi dilaksanakan secara luring dan daring bertempat di Ruang Lecture Theatre, Gedung Integrated Laboratory UNMUL, Senin (19/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut UNMUL mengundang para guru maupun para siswa SMA/SMK/MA se- Kota Samarinda. Sedangkan secara daring, dihadiri para guru maupun para siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Berau.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si., dalam laporannya menyampaikan kegiatan sosialisasi dan promosi penerimaan mahasiswa baru merupakan agenda rutin semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

“Kita melaksanakan sosialisasi dan promosi terkait penerimaan mahasiswa baru. Kami juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk menghubungi para cabang atau Ketua Wilayah di daerah-daerah Kaltim, dan hari ini kita sudah mengagendakan untuk Wilayah Samarinda dan Wilayah Kabupaten Berau,” urainya.

Lebih lanjut Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan menjelaskan bahwa informasi-informasi tentang mahasiswa baru harus tersampaikan. “Kita juga akan melakukan sosialisasi ke Balikpapan, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahakam Ulu, Bontang serta Kabupaten Kutai Timur,” tuturnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si., mengatakan hari ini kita melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru khususnya di UNMUL. “UNMUL melaksanakan sosialisasi di semua kabupaten/kota di Kaltim. Pada hari ini adalah sosialisasi untuk Kota Samarinda secara luring dan Kabupaten Berau secara daring,” jelasnya.

Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNMUL itu menerangkan bahwa di dalam penerimaan mahasiswa baru, seperti tahun-tahun sebelumnya UNMUL menerima dengan 3 jalur. “Jalur yang pertama adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), kemudian Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan terakhir adalah Seleksi Mandiri. Namun saat ini masih tahapan penerimaan mahasiswa baru jalur SNBP yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-28 Februari 2024. Sehingga saat ini para siswa masih ada waktu untuk bisa menentukan pilihannya sesuai dengan bakat, minat dan prestasi yang dimiliki masing-masing,” ungkap Prof. Lambang.

“Untuk tahun ini ada 66 program studi yang akan kita terima. Sedangkan untuk daya tampung tahun ini sebanyak 6.289  calon mahasiswa baru yang akan kita terima melalui 3 jalur tersebut,” tegas Prof. Lambang.

Adapun untuk informasi teknis tentang informasi penerimaan mahasiswa baru disampaikan secara bergantian oleh Koordinator Akademik, Drs. Edwar Doran dan Sub Koordinator Akademik dan Evaluasi, M. Syahrianoor, S.P. (hms/zul)




Foto: Hartanto dan Rizky

Tanggal : 19 Februari 2024

Universitas Mulawarman Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim SNPMB BPPP