Universitas Mulawarman

Berita

Loading image

Universitas Mulawarman

UNMUL Gelar Seleksi NUDC Tingkat Universitas Untuk Memilih Perwakilan Terbaiknya

Universitas Mulawarman (UNMUL) mengadakan seleksi National University Debate Championship (NUDC) tingkat universitas. Seleksi NUDC UNMUL dilaksanakan selama tiga hari, yakni 26 hingga 28 Maret 2024. Pada kegiatan pembukaan dilangsungkan di Ruang Lecture Theatre, Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si, UNMUL lantai 3, Kampus Gunung Kelua.

Dalam seleksi tingkat universitas ini di ikuti oleh 33 Mahasiswa/i yang merupakan perwakilan dari 11 Fakultas di UNMUL, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Fakultas Farmasi (FF) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Pada seleksi tingkat universitas, UNMUL akan memilih delegasi terbaiknya yang terdiri dari Debater dan N1 Adjudicator. Tim Juri UNMUL akan menentukan satu tim terbaik untuk mewakili UNMUL untuk bersaing di tingkat wilayah. 

Dalam laporannya, ketua panitia NUDC UNMUL, Wasono, S.Si., M.Si., menyampaikan UNMUL akan memberangkatkan delegasi sebanyak 2 Debater dan satu orang N1 Adjudikator untuk betanding pada seleksi tingkat wilayah yang dilaksanakan secara online dimana akan melawan universitas-universitas negeri dan swasta di Kalimantan. 

Sistem debat yang digunakan dalam NUDC 2024 baik itu di tingkat Wilayah maupun Nasional akan menggunakan sistem British Parliamentary Debate sehingga dibutuhkan reminder kembali bagi peserta dengan mengundang Adrian selaku perwakilan UNMUL dalam NUDC edisi sebelumnya untuk memberikan presentasi mengenai sistem British Parliamentary Debate. 

Dewan Juri, lanjutnya, akan memilih debater terbaik dari semua fakultas yang berpartisipasi untuk menjadi delegasi yang akan mewakili UNMUL dalam seleksi Tingkat Wilayah secara Online. “Selamat bertanding dan berharap dapat menemukan kandidat terbaik untuk mewakili UNMUL di tingkat wilayah dan kembali lolos ke tingkat nasional, karena di tahun sebelumnya UNMUL berhasil lolos di seleksi tingkat wilayah,” ungkap Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNMUL.

Kegiatan pembukaan NUDC tingkat universitas ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang diwakili oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si., mengharapkan mahasiswa yang mewakili UNMUL untuk NUDC dapat berprestasi tidak hanya pada tingkat wilayah. “Akan tetapi juga di tingkat Nasional dan bisa menjadi yang terbaik dalam lomba NUDC tingkat nasional nantinya,” urainya.

Lebih lanjut, Afra Tustini Ekawati, S.Pd., M.Si., meminta kepada peserta NUDC UNMUL untuk menjadikan kesempatan ini untuk mengembangkan diri dan mengajak mahasiswa atau mahasiswi untuk berkompetisi secara sehat serta mengharapkan peserta dapat mengikuti rangkaian seleksi dari awal hingga akhir sehingga kegiatan NUDC UNMUL dapat berjalan dengan baik.