Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Gandeng Gojek dalam Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi

Mengawali tahun 2021, Universitas Mulawarman (UNMUL) secara resmi menggandeng mitra kerjasama penting sebagai upaya pengembangan institusi kearah yang lebih baik, khususnya pada sektor pengembangan teknologi serta membuka kesempatan melakukan eksplorasi di perusahaan teknologi.

Terhubung melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis, (21/01), pihak UNMUL melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau GoJek Indonesia.

MoU ini merupakan bentuk kolaborasi antara Gojek dengan UNMUL dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi diantaranya berbagai aktivitas kemahasiswaan, penataan transportasi dan logistik, pembinaan UMKM juga implementasi dari cashless society melalui Aplikasi Gojek di lingkungan akademik.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat UNMUL, Dr. Ir. Bohari Yusuf., M.Si mengungkapkan, meski dimasa pandemi, sehingga tidak dapat bertemu secara langsung namun dirinya menyampaikan, tidak akan mengurangi makna akan pentingnya kegiatan yang diinisasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNMUL ini, serta diharapkan kerjasama akan semakin berkembang ke depan antara kedua belah pihak.

“Atas nama Universitas, kami mengungkapkan dan mengucapkan terima kasih kepada Gojek karena telah memberikan kepercayaan kepada UNMUL untuk dapat berkerjasama, dan setelah MoU ini akan ditindaklanjuti dengan implementasi kerjasama dalam bentuk perjanjian kerjasama,”jelasnya yang dalam acara ini bertindak mewakili Rektor UNMUL.

UNMUL sebutnya, memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai mitra kerjasama karena diantaranya memiliki jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan Timur didukung pula dengan Sumber Daya Manusia, Unit Kerja terkait dan memiliki berbagai Prodi yang penting.

“Kerjasama ini dapat dijadikan sarana untuk mensukseskan Program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar yang memungkinan para mahasiswa UNMUL dapat berpatisipasi dalam program magang di Gojek dan lain hal sebagainya. Semoga dari hari ini semua kegiatan bermanfaat berlanjut bagi para mahasiswa kami, dosen dan tentu saja bagi UNMUL secara umum,” tutupnya.

Anton Rahmadi, Ph.D, Ketua LP2M UNMUL dalam paparannya menjelaskan, potensi kerjasama UNMUL bersama Gojek salah satunya yakni pada pelatihan dan fasilitasi pemasaran, termasuk kewirausahaan dan promosi potensi Start Up asal mahasiswa.

“Selain itu peningkatan kualitas mitra di dalam aplikasi melalui program yang diselaraskan dengan kegiatan penelitian, pelatihan atau pengabdian oleh civitas akademika UNMUL,” paparnya dalam slide presentasi.

Head of Regional Corporate Affairs for East Indonesia, Mulawarman dalam kesempatan ini juga mempresentasikan dampak Gojek terhadap pengembangan dunia pendidikan Indonesia.“Kami berterima kasih atas kerja sama baik yang terjalin antara Gojek dengan Universitas Mulawarman, khususnya para mahasiswa yang kesehariannya sudah sangat akrab dengan ragam layanan di aplikasi Gojek. Di balik teknologi tersebut, terdapat ribuan anak muda Indonesia yang setiap harinya berinovasi untuk memberikan solusi melalui layanan aplikasi Gojek,“ serunya.

Melalui kerjasama ini sebutnya, Gojek berharap dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi para mahasiswa untuk berani berinovasi, memanfaatkan teknologi untuk pemantapan diri sebagai sumber daya berkualitas atau untuk mengembangkan usaha, bahkan menciptakan teknologi baru yang membawa Indonesia unggul.

“Hal ini sejalan dengan visi Gojek untuk memberikan dampak sosial seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia, dalam peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya generasi muda di Kalimantan Timur,“ tutur Mulawarman.

Diketahui, Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang mempelopori konsep SuperApp dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya.

Hadir dalam pertemuan ini Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta di ruang yang sama turut pula berpartisipasi para Dekan, Ketua Lembaga dan Kepala UPT juga turut bergabung rekan – rekan media. (hms/frn)

Tanggal : 21 Januari 2021

Universitas Mulawarman