Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Dukung Pembangunan IKN Lewat Kerjasama Bersama HPJI

Teken Nota Kesepahaman Pendidikan dan Keprofesian Bidang Konstruksi

Dikesempatan Seminar Nasional bertema “Kesiapan Infrastruktur Jalan dan Jembatan dalam Mendukung Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN)", Universitas Mulawarman (UNMUL) bersama Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) sepakat menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan keprofesian.

Kepastian tersebut tertuang dalam penandatanganan kerjasama yang dilakukan Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya., M,Si dan Ir. H.M. Taufiq Fauzi, Ketua HPJI, Dewan Pengurus Daerah (DPD), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Kedua belah pihak akan bersinergi melakukan kerjasama yang saling menguntungkan serta saling menunjang dalam bidang Pendidikan Profesi Membidangi Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Lebih jauh, perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Pendidikan dan Keprofesian sehingga kedua entitas ini mampu memberikan sumbangan yang berarti dalam peningkatan dan pengembangan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia.

“Pendidikan, berupa penyelenggaraan kegiatan peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan pertukaran sumber daya manusia di antara para pihak. Keprofesian, berupa pembekalan kemampuan Profesi yang membidangi konstruksi jalan dan jembatan, termasuk penyelenggaraan ujian sertifikasi profesi. Adapula pengembangan kapasitas dan kegiatan lain yang disepakati,“ ungkap Rektor sebagaimana termaktub dalam naskah Nota Kesepahaman, di Hotel Mercure, Kota Samarinda tempat acara ini berlansung, Rabu, (09/03).

Sebagai salah satu organisasi profesi yang membidangi konstruksi jalan dan jembatan, HPJI menggelar pertemuan ini dengan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR), Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Timur (BBPJN-KALTIM), UNMUL, Politeknik Negeri Samarinda, dan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

“Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia DPD Kaltim akan terus memperkuat eksistensi dan berpartisipasi dalam pembangunan jalan di IKN pada khususnya dan Kaltim pada umumnya,” ungkap Ketua HPJI Kaltim.  Hadir dalam Seminar Nasional ini membuka acara oleh, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Ir. Riza Indra Riadi, M.Si. Sedangkan dalam sesi diskusi dimoderatori oleh, Prof. Dr. Ir. Tamrin, ST.,MT, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Fakultas Teknik UNMUL. (hms/frn)

Tanggal : 09 Maret 2022

Universitas Mulawarman