Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL dan UNHAN Lakukan Pengabdian Pada Masyarakat

Universitas Pertahanan (UNHAN) melalui Fakultas Keamanan Nasional, Program Studi Damai dan Resolusi Konflik bersama Universitas Mulawarman (UNMUL) bekerjasama dalam bidang pengabdian pada masyarakat dalam bentuk Sosialisasi dan Penanaman Pohon. Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda menjadi tempat pelaksanaan acara kedua universitas ini dengan melibatkan mahasiswa dan warga masyarakat sekitar, Jum’at, (28/02).

Sosialisasi bertema “Deteksi Dini Potensi Konflik Sosial” bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya mencegah konflik sosial diisi oleh narasumber Kepala Staf Kodim Samarinda, Mayor Infanteri Muhammad Alex Borneo dan akademisi UNHAN, Anang Puji Utama, S.H.,M.Si. Dalam kesempatan yang sama dihadiri pula Dekan Fakultas Keamanan Nasional UNHAN, Laksamana Muda TNI, Dr. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT.

Disampaikan, kader bela negara yaitu warga negara yang mengamalkan sikap dan perilaku dengan dijiwai kecintaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin keberlangsungan hidup bangsa dan negara. Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal Bela Negara.   

Dari UNMUL, hadir Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. La Hasan., M.Si, mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, didampingi Kepala Bagian Kemahasiswaan, Asnan, AS, S.Sos., M.Si. “Mahasiswa harus melaksanakan pengabdian pada masyarakat, untuk memenuhi implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan ini, para mahasisawa akan mengetahui problematika yang terjadi di tengah – tengah masyarakat, sekaligus mengantisipasinya dan menambah wawasan,” ungkap Drs. La Hasan., M.Si dalam sambutannya.

“Terima kasih kepada UNHAN yang sudah menjalin kerjasama dengan UNMUL sebagai mitra kerjasama dalam bidang akademik,” tambahnya. Ditempat yang sama tampak pula Camat Palaran, Kapolsek Palaran, serta para tokoh masyarakat Kelurahan Simpang Pasir. (hms/frn)

Tanggal : 28 Februari 2020

Universitas Mulawarman