Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL dan PT Jasa Raharja Teken Nota Kesepahaman

Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Tertuang dalam MoU

Di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga, Rektorat Universitas Mulawarman (UNMUL), Senin, (12/06), sebuah kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Rektor UNMUL, Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU dengan Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang. Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas adalah aspek utama MoU ini dengan maksud bekerjasama dalam hal mencakup Tridarma Perguruan Tinggi serta bertujuan terwujudnya sinergi antara para pihak yang memiliki ruang lingkup saling mendukung dalam rencana kerja sama upaya untuk mengurangi angka dan dampak kecelakaan lalu lintas.

Rektor menyatakan, UNMUL saat ini sebagai Universitas terbesar di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) berkomitmen penuh mendukung pembangunan dalam berbagai bidang. Memiliki sekitar 37 ribu mahasiswa, sudah tentu harap Rektor diperlukannya perlindungan. Begitu pula bagi sivitas akademika Kampus Gunung Kelua ini.

"Hari ini tentunya dalam pertemuan bersama Jasa Raharja sangat bermakna bagi kita semua. Kesepahaman antara UNMUL dan Jasa Raharja secara khusus terhadap sinergi keselamatan lalu lintas. Oleh karena itu kita berupaya melindungi seluruh sivitas akademika," tegas Rektor.

Tidak hanya sebatas kerja sama dalam lingkup tertentu, peluang kerjasama tentu saja harap Rektor perlu diperluas dengan beberapa program yang menguntungkan kedua belah pihak. Terlebih untuk mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbudristek yang mengharuskan mahasiswa melakukan aktivitas akademik 60 persen di luar kampus.

“Peluang tersebut dapat diimplementasikan lewat PT. Jasa Raharja. Serta memerlukan perlindungan keselamatan dari beberapa aspek. Selain MoU pada hari ini, kami berharap bukan yang pertama dan terakhir. Tetapi ke depan ada program bersama yang bisa dikerjasamakan lebih luas. Intinya semakin ke depan tendensi semakin meningkat sehingga mitigasi keselamatan penting dilakukan," jelas Rektor.

Direktur Hubungan Kelembagaan PT. Jasa Raharja setelah memaparkan profil singkat PT Jasa Raharja sebagai BUMN dikemukakan bahwa, kecelakaan lalu lintas di Indonesia adalah pandemi yang tidak pernah usai terlebih usia produktif tercacat menjadi korban dengan presentase 60 persen. Fase usia produktif tersebut berada di lingkungan Kampus. Saat ini Jasa Raharja akunya, berdasarkan konsep pentahelix sedang melakukan ekspansi yaitu untuk berkolaborasi dengan bekerjasama dengan dunia akademisi.

"Akademisi disini bukan hanya mahasiswanya akan tetapi ekosistem kampus di dalamnya. Mahasiswa termasuk dengan para dosennya. Disetiap daerah kami memiliki forum komunikasi keselamatan berlalu lintas. Disana kita ingin lagi ditambah ada peran dari Kampus. Kita akan bersinergi untuk menurunkan angka kecelakaan baik itu dengan melakukan inovasi maupun merubah culture dari masyarakat," katanya.

Terkait Program MBKM, ia juga menawarkan beberapa kerja sama terkait program magang di BUMN Itu yang inline dengan program MBKM. "Hal ini terus kita lakukan selain kegiatan CSR lainnya dengan UNMUL salah satunya yang dapat mengemban amanah dari institusi masing-masing. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan komunikasi yg intensif," pintanya.

UNMUL harapnya, sebagai Pelopor Kampus di Pulau Kalimantan untuk menjadi partner kolaborasi dengan PT. Jasa Raharja. "UNMUL merupakan kampus yang tepat untuk kami dengan segala jurusan yang ada. Kami berharap bukan hanya penandatanganan namun dapat menekan angka kecelakaan di Kaltim," tutupnya.

Diketahui PT Jasa Raharja merupakan Badan Usaha yang menyelenggarakan asuransi kecelakaan penumpang umum dan kecelakaan lalu lintas jalan berdasarkan Undang-undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Undang-undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan beserta peraturan pelaksanaannya. (hms/frn)     

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 12 Juni 2023

Universitas Mulawarman