Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL dan PT Baramulti Suksessarana Sepakat Dalam Hal Tri Dharma Perguruan Tinggi

UNMUL dan PT BSSR sepakat mengadakan kerja sama dalam hal Pendidikan, Penelitian, Penunjang Program Kegiatan yang dilaksanakan oleh UNMUL dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang didasari oleh aturan yang berlaku dengan ruang lingkup yang akan disepakati berdasarkan kesepakatan Para Pihak. Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di Gedung Rektorat UNMUL, lantai Tiga, Jum’at (7/7/2023).

“Alhamdulillah hari ini kita bertemu dalam rangka untuk melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU). Selamat datang dari jajaran PT BSSR atas kedatangan dan silaturahminya ke UNMUL. Terima kasih sudah datang ke UNMUL dalam rangka MoU. MoU pertama ini melalui bidang penelitian, yaitu Plasma Nuftah jenis Pohon Lai yang harus kita lestarikan bahkan juga dalam program revegetasi apakah tanaman atau tumbuhan yang lain. Saya pikir ini adalah komitmen dari perusahaan tambang bagaimana untuk melakukan revegetasi. Tapi yang terpenting tentu kita bagaimana mengeksploitasi sumber daya alam yang ada. Kemudian bagaimana kita menjaga keberlanjutannya serta ada manfaatnya utamanya memberdayakan masyarakat lingkungan sekitar,” kata Rektor UNMUL, Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU.

Rektor menilai kita harus memiliki pemikiran dan pemahaman yang sama, buat apa sumber daya alam dan potensinya besar yang di Indonesia kalau tidak kita manfaatkan. “Dibiarkan malah tidak akan mendapatkan apa-apa. Tapi kita punya komitmen, optimis dan sustainability. Saya pikir program sudah berjalan apalagi sudah mendapatkan apresiasi atau reward dari program yang ada dari PT BSSR kami sangat bisa melihat ini sebuah komitemen dari PT BSSR untuk menjaga optimalisasi pemanfaatan tapi tetap menjaga sustainability dan pemberdayaan manfaat khususnya masyarakat sekitarnya,” tegas Rektor UNMUL.  

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang/Kuasa Direksi, Alvensus Sihotang mengatakan MoU kita ini menjadi bentuk sinergitas kita di bagian penelitian terutama dalam bidang pertanian. “Kami dari PT BSSR memiliki komitmen dengan UNMUL untuk saling membantu dan mendukung program-program yang ada. Pun, dengan konservasi Pohon Lai akan kita jalankan bersama. Semoga kami dari perusahaan sebagai motor bisa mempertahankan adanya Pohon Lai. Kedepannya MoU ini akan lebih baik lagi saling bisa mengembangkan satu sama lain,” pintanya.  

Kegiatan MoU ini juga dihadiri Para Wakil Rektor, Dekan Faperta, Para Wakil Dekan Faperta, Kepala Biro, Koordinator Kerja Sama dan Humas, Sub Koordinator Kerja Sama, Sub Koordinator Humas serta dari jajaran dari PT Baramulti Suksessarana. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 07 Juli 2023

Universitas Mulawarman