Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL dan Kabupaten Paser Sepakat Perluas Cakupan Kerjasama

Mengakhiri aktivitas di penghujung tahun dan membuka peluang kerja sama di tahun–tahun mendatang, Rektor Universitas Mulawarman (UNMUL), Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si memimpin kunjungan kerja ke Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Diterima di Ruang Kerja Bupati Paser, Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas, Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si dan Dekan FISIP UNMUL, Dr. Muhammad Noor, M.Si.

Sementara itu, Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Romif Erwinadi dan Kabag. Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Paser Abdul Kadir, menyambut hangat kedatangan rombongan UNMUL dan Tim, Selasa (28/12).

Dalam kunjungan ini, Rektor UNMUL menawarkan berbagai kerja sama bagi masyarakat di Kabupaten paling selatan di Kaltim ini, khususnya bagi putra–putri Paser yang akan melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi. Rektor juga menyampaikan, untuk meningkatkan SDM yang unggul, Kampus terbesar dan tertua di Kaltim ini siap menerima lulusan Sekolah Mengengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten ini untuk kuliah di Kampus berakreditasi A itu.

“Terlebih UNMUL memiliki lebih dari 90 Program Studi yang bisa dipilih. Tahun 2021 UNMUL berada diposisi nomor 1 Terbaik di Indonesia dalam Riset Bidang Energi versi Scimago, tentu saja kualitas tidak perlu diragukan lagi,” tegas Rektor saat kegiatan ini.

Lebih lanjut jelas Rektor, dengan kerja sama yang selama ini terjalin diharapkan kualitas SDM Kabupaten Paser akan terus meningkat. Tidak hanya sampai disitu, melalui kerja sama yang ada UNMUL bahkan berencana membuka kelas khusus bagi putra–putri terbaik Kabupaten Paser untuk berkuliah di UNMUL.

Dikesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas, Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si., menambahkan, bahkan tidak hanya kelas khusus, Kampus UNMUL kedua juga direncanakan bisa berada di Kabupaten Paser sehingga tidak perlu ke Kampus Utama di Kota Samarinda. “Sekarang Perguruan Tinggi Negeri diizinkan untuk membuka kampus di luar daerah, maka dari itu dengan izin bapak Bupati bisa diimplmentasikan jika ada Kampus UNMUL di Kabupaten Paser,” ucap Dr. Bohari.

Masih banyak kerja sama yang ditawarkan UNMUL kepada Pemerintah Kabupaten Paser terlebih Program Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yakni Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, sehingga kerja sama merupakan ujung tombak terlaksananya program ini.

Dipertemuan ini Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Paser sepakat memperluas cakupan kerja sama yang terjalin dengan UNMUL dalam upaya peningkatan potensi sumber daya manusia. Dirinya pun berharap, kerja sama dengan UNMUL akan bermanfaat untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Paser.

“Selama ini kerja sama hanya lingkup terbatas. Pada tahun 2022 ini, kerja sama akan kita perluas diberbagai bidang. Terima Kasih Pak Rektor telah berkunjung ke sini, kami menyambut baik kunjungan pada hari ini, dan ini memang yang sudah kami tunggu dari UNMUL,” ucap Bupati. (hms/rmy)

Tanggal : 28 Desember 2021

Universitas Mulawarman