Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL dan BPKP Kaltim Sepakat dalam Peningkatan Akuntabilitas dan Tata Kelola Keuangan

Universitas Mulawarman (UNMUL) memperpanjang nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kaltim. UNMUL dan BPKP Kaltim sepakat mengadakan kerja sama dalam hal peningkatan akuntabilitas dan tata kelola keuangan pada UNMUL yang didasari oleh aturan yang berlaku. Kegiatan MoU ini dilaksanakan di Ruang Rapat I Lantai Tiga Rektorat UNMUL, Senin (21/6).

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Supriyadi, S.E., Ak., M.M menyampaikan terkait dengan rencana kita untuk penandatanganan nota kesepahaman pada hari ini, semoga koordinasi kita semakin baik dan bagus khususnya dalam tugas pokok dan fungsi BPKP yaitu tata kelola keuangan dan pengawasan pembangunan.

“Karena memang BPKP sendiri sudah diwajibkan untuk mengawal, membina, mendampingi mitra-mitra baik dari instansi pemerintahan pusat ataupun instansi pemerintahan daerah khususnya pada akhir-akhir ini. Terkait dengan penandatanganan nota kesepahaman pada hari ini sekali lagi kami ucapkan terima kasih, semoga betul-betul ini bermanfaat baik bagi Universitas Mulawarman (UNMUL) sendiri, bagi negara dan kita semuanya. Semoga nanti berjalan dengan baik dan terima kasih atas kepercayaan kepada BPKP dalam hal pendampingan,” tuturnya.

Sementara, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dalam sambutannya mengatakan pada hari ini kita hadir bersama dalam rangka perpanjangan MoU. “Artinya komitmen dan kerja sama kita dengan BPKP selama ini secara khusus kita rasakan. Yakin saya tugas pokok dan fungsi BPKP memang adalah mendampingi kita supaya terselenggara pembangunan dengan baik dan tak kalah pentingnya adalah bisa berupaya bahkan berikhtiar jangan sampai ada penyimpangan itu yang harus kita hindari,” urai Prof. Masjaya.

Lebih lanjut, Prof. Masjaya menambahkan, saya berterima kasih kepada BPKP Kaltim karena sangat membantu kita dalam rangka mendorong percepatan pembangunan yang ada di UNMUL. “MoU yang kita tanda tangani saya pikir merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi UNMUL. Upaya kita untuk mencapai pembangunan maksimal itu memang salah satu yang perlu dipelihara bersama adalah komitmen kita untuk terhindar dari persoalan yang menjadi penyakitnya juga bangsa kita saat ini. Saya pribadi dan kelembagaan sangat percaya betul BPKP dalam hal pendampingan untuk berjalannya seluruh aktivitas kita untuk menghindari kerugian negara yang ada di negara kita,” tegasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Ketua SPI, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Dekan FMIPA, Dekan FIB, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fahutan, Ketua Program Magister Ilmu Lingkungan, Kepala Biro, Koordinator dan Subkoordinator di Lingkungan UNMUL serta rombongon dari BPKP Kaltim. (hms/zul)

Foto: Hartanto

Tanggal : 21 Juni 2021

Universitas Mulawarman