Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Buat Sterilization Chambers COVID-19

Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali melakukan suatu inovasi sebagai wujud pengabdian pada masyarakat. Setelah memproduksi Hand Sanitizer dan minuman daya tahan tubuh, kali ini UNMUL melalui Fakultas Teknik membuat Sterilization Chambers COVID-19 yaitu ruang sterilisasi untuk meminimalisir penularan virus corona.

Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengungkapkan apa yang dilakukan Fakultas Teknik ini adalah bagian dari inovasi yang perlu dukung penuh dan beri apresiasi khusus karena setelah aktivitas ini kemungkinan pertama akan disumbangkan kepada rumah sakit untuk bagian dari menambah prasarana pendukung supaya sterilisasi kehidupan atau aktivitas mereka itu bisa lebih bagus lagi. Dan kemungkinan juga setiap fakultas akan ada. “Kami atas nama Pimpinan Universitas Mulawarman menghargai Dekan, Wakil Dekan dan seluruh tim Fakultas Teknik yang membuat alat ini, semoga ini amal jariyah. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pada kondisi Bangsa Indonesia dilanda musibah COVID-19 ini. Dan salah satu yang bisa mengatasi atau memutus mata rantai penyebaran virus ini adalah apa yang dihasilkan oleh Fakultas Teknik pada hari ini. Selamat kepada Fakultas Teknik, mudah-mudahan karyanya bisa menjadi bagian dari solusi untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19),” terangnya.

Senada dengan Rektor, Dekan Fakultas Teknik (FT) Ir. Muhammad Dahlan Balfas, S.T., M.T menjelaskan yang melatarbelakangi dengan adanya Sterilization Chambers COVID-19 ini yaitu awalnya ada diskusi diantara teman-teman dosen Fakultas Teknik apa yang perlu kita lakukan dari Fakultas Teknik dan kepada kita semua, pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi untuk membantu pencegahan penyebaran COVID-19 ini. Dari diskusi dengan semua dosen itulah kemudian muncul ide dari Fakultas Teknik ingin memunculkan dari unsur keteknikannya. Maka muncullah ide  untuk membuat Hand Wash automatis dan Sterilization Chambers COVID-19.

“Hal inilah yang dibuat oleh teman-teman di Fakultas Teknik Program Studi (prodi) Teknik Elektro yang kita ujicoba pada hari ini yang bekerjasama antara Program Studi (prodi) Teknik Elektro dan Prodi Teknik Kimia dibantu oleh Workshop Teknik dan Laboratorium Rekayasa Kimia. Kemudian teman-teman yang di FKTI juga sementara kompilasi data digital dengan menggunakan sistem informasi geografis untuk membuat memetakan suspect corona ini kemudian penderitanya dan sebagainya, yang semuanya itu sebagai sumbangsih dari Fakultas Teknik untuk membantu pencegahan corona ini,” tutur Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik UNMUL itu yang ditemui di Halaman Fakultas Teknik, Senin (30/3).

Seandainya apabila, lanjutnya, ada permintaan dari masyarakat terkait penyediaan alat tersebut, Insha Allah Fakultas Teknik siap. “Di Fakultas Teknik ini kan ada workshop. Workshop inilah yang sebenarnya bekerja yang bekerja dan mengimplementasikan atau mewujudkan ide dari teman-teman dosen. Insha Allah workshop ini mampu melayani dan tentu saja dari Fakultas Teknik yang tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, kami hanya membebankan biaya produksinya saja. Jadi tidak mengambil untung dari kegiatan tersebut. Insha Allah kami siap melayani jika ada permintaan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Ketua Tim yang memprakarsai produk ini adalah Dr. Eng. Aji Ery Burhandenny, ST. M.AIT (Dosen Fakultas Teknik), yang dibantu oleh Yunianta Swastika dan Ahmad Maulana keduanya adalah Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro. (hms/zul)

Foto: Akhmad Rino Cahyadi

Tanggal : 30 Maret 2020

Universitas Mulawarman