Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Bersama Pemprov Kaltim Kirim Tim Peduli Bencana Gempa ke Sulbar

Universitas Mulawarman (UNMUL) berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Syahranie menerjunkan Tim Peduli Bencana Gempa ke Sulawesi Barat (Sulbar).

Dalam laporannya Ketua Panitia Tim Peduli Bencana Dr. dr. Swandari Paramita menyampaikan bahwa pada tanggal 15 Januari 2021 gempa bumi mengguncang Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di Mamuju dan Majene. “Sejak itu, berbagai bantuan terus mengalir untuk menolong korban disana. Saat ini daerah Mamuju dan Majene merupakan daerah paling terdampak gempa dan sudah memasuki recovery lebih dari 2 minggu pasca bencana. Berdasarkan pengalaman penanganan bencana selama ini, justru ini adalah fase yang paling penting. Bantuan kemanusiaan memang banyak datang di fase-fase awal, namun sudah mulai berakhir,” tutur Dr. Swandari.

Namun demikian, lanjutnya, masih banyak yang harus dilakukan disana, salah satunya pasca operasi untuk mencegah infeksi. “Penyakit pasca bencanapun lebih banyak bermunculan pada fase itu seperti batuk, pilek hingga gatal-gatal. Sehingga kedatangan tim peduli bencana mengambil waktu yang tepat diperlukan disana. Tim peduli bencana ini merupakan kolaborasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Syahranie serta Universitas Mulawarman yang diinisiasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) serta Fakultas Kedokteran (FK) UNMUL. Tim kami yang berangkat terdiri dari 20 orang terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis serta perawat,” jelasnya.

“Selama di Sulawesi Barat, tim ini akan bekerja pada 2 lokasi utama, yang pertama di Rumah Sakit Regional Mamuju untuk tim yang akan melakukan tindakan operasi bedah, yang kedua adalah rutin pengobatan ke masyarakat. Seluruh Tim akan berada disana mulai tanggal 7 hingga 14 Februari 2021. Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya mulai dari Pemprov Kaltim, RSUD Abdul Wahab Syahranie hingga UNMUL. Selama niat kita baik, maka pasti ada jalan,” urainya.

Sementara itu, Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M. Si menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dari Pak Gubernur Kaltim sehingga tim ini bisa berangkat baik SDM maupun finansial. “Jadi kita ini berangkat dari Pak Gubernur, SDM yang lain dari UNMUL bergabung dan ini tentu tidak hanya pada kegiatan ini saja. Saya mengharapkan kepada Pak Gubernur karena beliau selain Gubernur Kaltim juga sebagai Ketua Umum IKA UNMUL, tim ini kita akan formalkan sehingga tidak meminta-minta bencana tetapi setiap saat diperlukan atas perintah dari Pak Gubernur siap duduk dilapangan. Tim ini akan maksimal bekerja, karena bekerja sudah diatur dengan tim yang ada di Sulbar. Selamat kepada tim yang berangkat, kami mendoakan semoga berjalan dengan lancar dan Insha ALLAH akan bernilai ibadah buat semua,” tegas Prof. Masjaya.

Sementara itu, dalam arahannya Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si mengatakan ini adalah salah satu dari sekian kegiatan kepedulian Provinsi Kaltim dalam membantu saudara-saudara kita di tanah air yang mengalami musibah. “Beberapa waktu yang lalu juga membagikan sembako kepada masyarakat Kalimantan Selatan dalam bentuk bantuan beras dan pada hari ini kita menyaksikan bersama-sama pelepasan bantuan tim peduli kemanusiaan ke Sulawesi Barat. Walaupun Sulawesi Barat ini sudah lama terjadi bencananya tetapi kemarin 2 hari yang lalu bahkan tadi kemarin malam itu masih terjadi gempa-gempa susulan tapi dalam skala kecil. Untuk itu, tim yang ke sana juga perlu waspada. Jadi, tim menyelamatkan diri sendiri adalah hal yang wajib disamping juga membantu kepada masyarakat,” ungkap Dr Isran Noor.

Lebih lanjut, Gubernur Kaltim yang juga Ketua Umum IKA UNMUL, menyampaikan, alhamdulillah hari ini kita bisa melepas Tim Peduli Bencana ke Sulbar. Tim yang diturunkan ini sebagai bentuk kepedulian Pemprov Kaltim bersama UNMUL terhadap korban yang terdampak gempa di Sulbar. Tim ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa, apalagi pasca gempa,” pungkasnya.

Tim Peduli Bencana Gempa ini secara resmi dilepas oleh Gubernur Kaltim yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jum’at (05/2). (hms/zul)    

Foto: Robby Adhitya

Tanggal : 05 Februari 2021

Universitas Mulawarman