Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Bersama Konsorsium Perguruan Tinggi di Indonesia (INUCost) Jalin Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Terkemuka di Belanda

Konsorsium Universitas Indonesia-Belanda (INUCoST) bertujuan untuk memberikan landasan struktural pada kerja sama antara tiga universitas terkemuka Belanda dan lima universitas terkemuka di Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan untuk fokus pada isu-isu sosial yang mendesak dan meluas ke bidang pendidikan dan penelitian.

Universitas Leiden, Delft, Erasmus akan menjalin kemitraan strategis dengan konsorsium universitas di Indonesia. Konsorsium ini dibentuk oleh Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya, dan Universitas Mulawarman (UNMUL) di Samarinda. Inilah lima universitas terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang yang sama dan saling melengkapi seperti Leiden University, TU Delft dan Erasmus University Rotterdam.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) memprioritaskan lima bidang dalam pendidikan dan penelitian, yaitu, ekonomi hijau, ekonomi biru, teknologi digital, kesehatan dan pariwisata.

Fokus umum kerja sama dalam Konsorsium Perguruan Tinggi (PT) Indonesia-Belanda adalah Masa Depan Berkelanjutan dengan penekanan pada sejumlah tema, mengenai Ekonomi Hijau dan Biru, Teknologi Digital, Kesehatan, Pangan, Pariwisata, dan Konservasi. Tema yang bersifat lintas disiplin dan lintas disiplin adalah peresmian Ibu Kota Indonesia yang baru (Ibu Kota Nusantara-IKN), yang mencakup banyak topik.

Konsorsium Perguruan Tinggi Indonesia-Belanda melakukan kerja sama di bidang penelitian, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat. Bidang Kerjasama yang dilakukan adalah dalam kerangka prioritas nasional Republik Indonesia, bidang-bidang kerjasama berikut ini diidentifikasi dimana Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi area fokus tambahan karena banyak aspek dari berbagai topik penelitian menjadi satu kesatuan yang menonjol dalam pembangunan ibu kota Indonesia yang baru di Indonesia. kalimantan. Dari bidang Riset: Dalam hal penelitian, proyek konkret berikut akan dikembangkan:

1. ‘Akademi’ Tahunan (lokakarya intensif selama seminggu untuk PhD dan cendekiawan muda)

2. Proyek Penelitian Bersama

 

Bidang Pendidikan:

Di bidang pendidikan akan dikembangkan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

3. Program Kecil Interdisipliner Kehormatan Bersama (15/30 EC di Sarjana/S1)

4. Laboratorium Tesis Interdisipliner Kehormatan Bersama (15-30 EC di MSc/MA/S2)

5. Program gelar bersama

6. Kursus Musim Panas Bersama

 

Pemberdayaan masyarakat

7. Kerja Lapangan Internasional (Kuliah Kerja Nyata)

Universitas Leiden, Delft, Erasmus dan Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Universitas Airlangga (UNAIR) di Surabaya, dan Universitas Mulawarman (UNMUL) di Samarinda berupaya untuk mendirikan kemitraan struktural melalui INUCoST. Kemitraan ini akan bersifat fleksibel dan mampu mengambil bidang-bidang prioritas baru di masa depan jika diperlukan.

INUCoST akan mencakup empat tahun pertama kerjasama struktural Universitas Leiden, Delft, Erasmus di Belanda dengan UI, ITB, UGM, UNAIR, dan UNMUL di Indonesia. Untuk memfasilitasi kerjasama perguruan tinggi di Indonesia, LDE akan mencari pendanaan internal untuk kegiatan tersebut dan konsorsium akan mengajukan dana pendamping yang akan difasilitasi oleh pemerintah Republik Indonesia, dalam kerangka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Program teknologi untuk kolaborasi internasional terkait dengan bidang prioritasnya.

Universitas LDE berkomitmen untuk mendukung program ini melalui sumber daya, keahlian dan komitmen waktu dari para peneliti dan anggota staf kami yang terlibat dalam proyek penelitian yang sukses. Agar implementasi program ini berhasil, diperlukan koordinasi yang signifikan antara universitas mitra di Indonesia serta peneliti dan staf LDE. Universitas-universitas LDE juga akan memberikan dukungan administratif untuk kolaborasi multi-universitas ini.

Yang bertanda tangan di bawah ini atau perwakilannya masing-masing menyatakan niatnya untuk membentuk konsorsium INUCoST dan minatnya untuk berpartisipasi dalam kerjasama bersama di bidang pendidikan dan penelitian sebagaimana dituangkan dalam Letter of Intent yang ditandatangani pada hari Rabu 25 Oktober 2023 di Jakarta:

Atas nama Universitas Leiden Delft Erasmus (LDE)

Prof Dr Wim van den Doel (Dekan LDE Alliance)

 

Untuk Universitas Indonesia

Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D (Rektor)

 

Untuk Institut Teknologi Bandung

Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D (Rektor)

 

Untuk Universitas Gadjah Mada

Prof.dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. (Rektor)

 

Untuk Universitas Airlangga

Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak. (Rektor)

 

Untuk Universitas Mulawarman

Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU (Rektor)

Tanggal : 25 Oktober 2023

Universitas Mulawarman