Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Bersama Gojek Indonesia Vaksinasi Massal Kepada Mitra Pengemudi Gojek

Sebagai bentuk pengabdian Universitas Mulawarman (UNMUL) kepada masyarakat. Kali ini UNMUL bersama Gojek Indonesia melaksanakan program vaksinasi massal kepada pekerja mitra pengemudi dari PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia). Kegiatan ini dilaksanakan di Klinik Fakultas Kedokteran (FK) UNMUL, Selasa (22/6).

Ketua Program UNMUL Peduli Vaksinasi Dr. dr. Swandari Paramita, M. Kes dalam laporannya menyampaikan UNMUL sepanjang tahun ini tidak jauh-jauh dari kegiatan akademisi yang berdampak sosial. “Pada tanggal 14 Januari 2021, saat terjadi gempa ataupun bencana di Sulawesi Barat, mendirikan atau menginisiasi program yang dinamakan UNMUL Peduli bekerja sama dengan Pemprov Kaltim dan RSUD Abdul Wahab Syahranie Samarinda, tim gabungan ini ke Sulawesi Barat untuk membantu menangani masalah kesehatan disana. Program UNMUL Peduli tidak berhenti disitu saja, pada 1 Maret 2021 dilaksanakan vaksinasi covid-19 kepada para lansia Sivitas Akademika UNMUL  yang berusia diatas 60 tahun. Program ini menjangkau hingga ke para pensiunan dosen dan staf UNMUL hingga akhir Mei 2021 hampir sebagian besar dosen dan staf UNMUL telah memperoleh vaksin dosis pertama mereka sebagai kelompok petugas publik yang perlu untuk mendapatkan prioritas vaksin,” urainya.

“Kemarin tanggal 21 Juni 2021 Indonesia telah menembus angka 2 juta kasus konfirmasi positif dan memecahkan rekor harian sebanyak lebih dari 14 ribu kasus baru. Kondisi seperti ini membuat pentingnya vaksinasi segera dilaksanakan khususnya kepada kelompok yang rentan terkena covid-19. Kajian dari Kementerian Kesehatan terhadap 120 ribu tenaga kesehatan vaksin covid-19 itu diketahui memiliki efektivitas lebih dari 90 persen. Laporan dari Kemenkes juga menyebutkan bahwa dibeberapa tempat yang tenaga kesehatannya terpapar covid-19 seperti di Kudus, Jawa Tengah. Saat ini karena mereka telah divaksin dilaporkan juga telah sembuh,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Kaltim itu menambahkan, hari ini Selasa 22 Juni 2021, program UNMUL Peduli kembali berlangsung kali ini melalui program vaksinasi kepada mitra pengemudi Gojek. Kegiatan ini tidak hanya bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian kepada masyarakat namun diharapkan juga memiliki kontribusi besar untuk meningkatakan cakupan vaksinasi khususnya bagi pekerja publik di sektor transportasi sebagai kelompok yang rentan untuk terkena covid-19. Memang diperlukan kerja sama dari semua pihak untuk bisa mensukseskan program vaksinasi covid-19 ini sebagai bagian dari upaya menanggulangi wabah. Semoga pandemi covid-19 bisa segera cepat berlalu.

“Program vaksinasi ini dilaksanakan dari tanggal 22 Juni hingga 2 Juli, itu kami kami vaksin setiap harinya 100 orang mitra pengemudi. Mitra driver itu di data kami ada 1500 orang tapi kami siapkan di tahap awal minggu pertama ada 1000 dosis sudah kami siapkan berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Samarinda,” kata Dr. dr. Swandari Paramita.

Sementara, Vice President Public Policy and Government Relations Gojek Indonesia Gautama Adi Kusuma mengucapkan terima kasih kepada UNMUL, Dinas Kesehatan tentunya juga Kementerian Kesehatan atas dukungannya kepada kami. “Kami dipercaya untuk mendapatkan alokasi vaksin kepada mitra-mitra kami yang memang sangat membutuhkan vaksinasi ini yang merupakan bagian dari dukungan Gojek untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat tentunya bagian dari upaya pemerintah untuk segera mencapai imunitas komunal yang memang sedang dikejar oleh pemerintah untuk dapat segera tercapai. Hal ini merupakan komitmen dari Gojek untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh mitra-mitra kami merupakan urat nadi dan tulang punggung transportasi dan logistik nasional. Jadi kami harapkan tentunya dengan diberikannya vaksin kepada mitra-mitra kami akan lebih aman ketika berinteraksi dan juga bertransaksi dengan publik,” imbuhnya.

Jadi publik juga, lanjut Gautama, lebih merasa aman dan tenang ketika bertransakasi dan berkomunikasi dengan mitra-mitra kami. “Bapak dan ibu sekalian yang memesan baik transport maupun layanan di kami itu akan bisa melihat mitra-mitra kami yang sudah di vaksin, sehingga nantinya akan lebih nyaman untuk bertansaksi. Tentunya ini merupakan bagian dari kerja sama yang lebih besar yang kita lakukan bersama dengan UNMUL, bagian dari kerja sama yang diharapkan dapat memiliki dampak sosial. Kami percaya di Gojek bahwa apa yang kami lakukan ini sangat berarti jika kami memiliki dampak sosial baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi ekonomi kepada masyarakat di sekitar kami dimana kami beroperasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si dalam sambutannya mengatakan UNMUL peduli ini sudah mulai disamping pendekatan dan roh akademiknya tetap jalan tapi kita juga selalu melakukan aktivitas-aktivitas yang terkait dengan kehidupan sosial yaitu pengabdian kepada masyarakat. “Karena roh perguruan tinggi adalah pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Alhamdulillah hari ini pengabdian kepada masyarakat kita lakukan dan berjalan terus tidak hanya bekerja sama dengan Gojek Indonesia, kita akan bekerja sama dengan mitra-mitra lain sehingga semua bisa berjalan untuk kepentingan dan pendekatan ke masyarakat,” tegasnya.

“Ini juga bukti bahwa UNMUL itu tidak hanya mendidik SDM dalam bentuk pengetahuan tapi juga mengedukasi dan memberikan informasi serta sistem pencegahan beberapa dampak kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya hari ini adalah vaksinasi bersama Gojek Indonesia,” pungkas Prof. Masjaya.  

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Kepala Bidang LLAJ Dishub Kaltim, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK UNMUL, seluruh panitia program vaksinasi di UNMUL dan Dinas Kesehatan serta mitra Gojek Indonesia. (hms/zul)  

Foto: Hartanto

Tanggal : 22 Juni 2021

Universitas Mulawarman