Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Adakan PKKMB Secara Online

Universitas Mulawarman (UNMUL) untuk pertama kalinya melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis (27/08) yang disaksikan Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Ketua SPI, Direktur Pascasarjana, Para Wakil Dekan, Kepala Biro, dosen, Para Kepala Bagian dan Sub Bagian, Presiden BEM KM dan Wakil Presiden BEM KM beserta jajarannya, Ketua DPM beserta pengurusnya, Ketua atau Gubernur BEM Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa serta  para mahasiswa baru. Dalam laporannya Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mulawan (UNMUL) sekaligus Ketua Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2020 Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono menyampaikan setelah melewati proses panjang yang cukup sulit di tengah pandemi Covid-19, yaitu pelaksanaan tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, baik Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

“UNMUL telah menerima kurang lebih 6500 mahasiswa baru untuk 67 program studi (Prodi) dari 13 fakultas. Akan tetapi jumlah yang pasti dan yang mendaftar ulang dan mengikuti kegiatan PKKMB secara online ini belum dapat kami pastikan karena proses registrasi dan validasi UKT masih terus berlangsung hingga saat ini,” kata Prof. Agung.

Lebih lanjut, Prof. Agung yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik ini menambahkan, proses tahun 2020 ini memang tidak sebagaimana proses tahun-tahun yang lalu dimana para mahasiswa baru hadir dan dilayani bisa secara diluar jaringan (luring) atau offline di kampus akan tetapi saat ini akibat dari pandemi Covid-19. “Hampir seluruh proses dijalani secara daring atau online atau virtual termasuk PKKMB ini dan perlu penyesuaian waktu berkali-kali baik akibat dari kesulitan teknis  maupun administrasi yang harus menyesuaikan dengan berbagai tantangan dan dinamika yang harus dihadapi. PKKMB tahun 2020 ini akan berlangsung selama 2 hari, dari hari Kamis hingga Jum’at (27-28/08), dimana acara hari ini adalah PKKMB di tingkat universitas dan esok hari di tingkat fakultas. Pelaksanaan memang lebih singkat dibandingkan tahun-tahun yang lalu bukan hanya karena secara online tetapi dikarenakan waktu yang terbatas,” serunya.

Sementara itu, Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menuturkan semoga aktivitas kita hari ini mendapat berkah, rahmat dan karunia dari ALLAH SWT. Kepada anak-anakku mahasiswa baru atau Mulawarman Muda UNMUL selamat bergabung di UNMUL. “Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi kita secara khusus UNMUL dan para Mulawarman Muda atau mahasiswa baru karena pada hari ini di Bulan Agustus juga bertepatan dengan Tahun Baru Islam atau Bulan Muharram yang tentu hikmah dan kandungannya sangat banyak. Agustus adalah Hari Kemerdekaan buat kita. Bulan Muharram atau Tahun Baru Hijriah adalah tahun yang sangat bersejarah bagi umat Islam, bertepatan menerima mahasiswa baru. Tentu 2 momen hari bersejarah ini akan kita petik hikmahnya dan menjadi mahasiswa baru dihubungkan dengan Proklamasi Kemerdekaan adalah tidak lahir dengan sendiri, tidak dihadiahkan oleh orang lain tapi penuh perjuangan. Perjuangan kemerdekaan mari kita maknai sebagai mahasiswa baru untuk mewujudkan impian orangtua,” jelas Prof. Masjaya.

Menerima mahasiswa baru, lanjut Rektor, dengan di Tahun Baru Hijriah tentu juga sesuatu yang sangat bermakna bahwa Insha ALLAH memulai perjuangan sebagai mahasiswa di UNMUL akan tentu punya arti tersendiri bagi anak-anakku sekalian. “Yakin saya, niat baik harapan anak-anakku sekalian untuk menjadi mahasiswa sudah dipikirkan dan hitung secara matang dengan berbagai pertimbangan bahwa pilihan dan lulusnya untuk ditakdirkan oleh ALLAH SWT untuk menjadi mahasiswa di UNMUL. UNMUL punya arti dan sejarah tersendiri bahwa UNMUL lahir di 27 September 1962, suatu umur yang cukup panjang, Insha ALLAH tahun ini sudah berumur 58 Tahun. Barangkali, bagian dari aktivitasnya dan prestasinya sudah banyak yang diukir dan Alhamdulillah hari ini termasuk universitas yang kita banggakan yaitu Akreditas unggul atau akreditasi A,” tegas Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNMUL ini.

“Pilihan anak-anakku sekalian sangat tepat, masuk sesuai dengan pilihan prodi dan jurusan yang memang sudah dilalui dengan penuh perjuangan seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Agung, bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru, ada 3 jalur, jalur SNMPTN, jalur SBMPTN dan jalur SMMPTN yang dilakukan oleh UNMUL. “Di tahun ini punya perlakuan yang berbeda tidak sama ditahun-tahun sebelumnya, tahun ini memang ditakdirkan oleh ALLAH SWT, kita melakukan aktivitas tanpa bertemu secara langsung tetapi ALLAH menghendaki walaupun kita tidak bertemu langsung tidak harus ke kampus mendaftar, tidak harus ujian di kampus seperti jalur SMMPTN kemarin kita melaksanakan ujian secara daring. UNMUL tidak akan bisa besar dan maju tanpa peran mahasiswa. Mahasiswa baru dengan kondisi saat ini diawali dengan berbagai tantangan dan perjuangan maka mari kita kuatkan semangat, tekad, luruskan niat bahwa tidak ada jalan lain, tidak ada tujuan yang kita tempuh yang ingin kita capai dan raih selain memberikan semangat dan hadiah kepada orangtua yang telah menyekolahkan kita dan mendoakan anak-anakku sekalian sehingga alhamdulillah diterima di UNMUL,” pintanya. (hms/zul)

 

Tanggal : 29 Agustus 2020

Universitas Mulawarman