Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UNMUL Adakan FGD SOP SIMPRESMAWA dan SOP Verifikasi Calon Penerima KIP-K UNMUL

Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Informasi Prestasi Mahasiswa (SIMPRESMAWA) dan SOP Verifikasi Calon Penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K). Kegiatan FGD tersebut dilaksanakan selama 2 hari, dari Kamis hingga Jum’at (11-12/2) diselenggarakan di Hotel Aston Samarinda.

Dalam laporan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, M.P menyampaikan Sistem Informasi Prestasi Mahasiswa (SIMPRESMAWA) merupakan aplikasi yang diharapkan dapat menghimpun data sehingga menghasilkan luaran berupa dapat pendukung aplikasi program studi (prodi), data pendukung akreditasi institusi, data pendukung sistem informasi pemeringkatan Kemendikbud dan data pendukung Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Aplikasi ini sudah dibangun sejak tahun 2018 namun dalam perjalanannya tidak didukung secara memadai dengan perangkat aturan yang melindungi sehingga pemanfaatannya belum optimal dan tertunda hingga tahun ini. Insya ALLAH tahun ini kami akan bersinergi untuk mengaplikasikannya, karena melihat adanya kebutuhan di Bagian Akademik serta Kemahasiswaan yang semakin meningkat dan cukup menjadi penguat agar sistem ini bisa dioperasikan kembali,” jelas Dr. Encik.

Kemudian disisi lain, lanjutnya, calon mahasiswa khususnya yang memiliki keterbatasan ekonomi namun berprestasi secara kurikuler maupun ekstrakurikuler yang dikenal sebagai mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) memerlukan sistem verifikasi untuk memastikan mereka dapat diterima di prodi atau fakultas dalam lingkungan UNMUL. “Era pandemi Covid-19 tahun 2020 memberikan kita pengalaman bahwa kerja-kerja digital secara online sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan batasan ruang dan waktu akibat pandemi tersebut. Dukungan KIP-K tahun 2021 khususnya terkait uang kuliah tunggal sudah berbeda dibandingkan dengan tahun 2020 yang lalu maupun di era bidik misi yang lalu. Karena mulai tahun 2021 ini uang kuliah tunggal yang dibayarkan oleh KIP-K tidak lagi sama rata namun berbasis akreditasi prodi,” tutur Dr. Encik.

Kegiatan FGD ini dibuka oleh Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M. Si. Sebelum membuka acara FGD ini Rektor UNMUL Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menyampaikan apresiasi dan berbangga hati bahwa upaya-upaya peningkatan dalam rangka memberikan dan mewujudkan Indikator Kinerja Utama (IKU) terutama dari sisi SIMPRESMAWA tentu bagian dari yang memang ranah dan aktivitas lembaga perguruan tinggi. “Saya mengharap banyak apa yang dilakukan hari ini tentu kita seriusi tidak sebatas apa yang menjadi aktivitas kita hari ini kemudian lahir SOP nya tapi tidak ditindaklanjuti. Saya berharap SOP hari ini tentu juga didasari dan diniatkan serta direncanakan sejak awal bahwa SIMPRESMAWA itu semakin hari semakin meningkat dan harus ada target,” pintanya.

Menurut Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini, dengan lahirnya SIMPRESMAWA ini akan lebih memudahkan tapi tidak hanya itu kami juga mau tentu sama dengan keinginan perguruan tinggi yang lain bahwa mahasiswa kita itu  semakin memberi warna dari berbagai aktivitasnya salah satunya adalah prestasi yang selalu ditunjukkan. “Oleh karena itu, tolong didorong betul dan dibuatkan dukungan penuh dalam bentuk penganggaran sehingga mahasiswa itu bisa betul-betul merasakan apa manfaat dari SIMPRESMAWA yang kita bangun kemudian mahasiswa itu juga menunjukkan kreativitas dan kemampuan akademiknya tentu juga dengan korikulernya dan lain-lain yang terkait dengan bidang kemahasiswaan. Saya mengharapkan SOP tersebut dituntaskan hari ini, bagian dari motivasi bapak dan ibu sekalian secara khusus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Para Wakil Rektor serta Para Dekan supaya betul-betul akan diimplementasikan tahun 2021. Tuntaskan hari ini dan besok agar bisa diimplementasikan,” tegas Prof. Masjaya.

    

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring ini dihadiri Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan dan Wakil Dekan beserta jajarannya, Ketua Lembaga, Ketua SPI, Kepala Biro Kepala UPT Perkasa, Kepala UPT LI serta Para Koordinator Bagian. (hms/zul)

 

Screen Shoot : Robby Adhitya

Foto                 : Sulkarnain

Tanggal : 12 Maret 2021

Universitas Mulawarman