Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

Undang Ratusan Pelaku UMKM, LP2M UNMUL Laksanakan Virtual Training

Program “Pelaku UKM Sukses Bercerita”, guna merangsang ketertarikan warga untuk berwirausaha dan melakukan pendaftaran Wirausaha Baru secara “Online” untuk mengetahui kesungguhan dan ketertarikan kepada suatu jenis bisnis tertentu menjadi langkah konkret Pemerintah Kota Samarinda.

Selain itu, pelatihan dan pendampingan keterampilan berusaha melalui In House Training atau magang dilengkapi dengan bimbingan dan pendampingan bagi pelaku UKM pemula untuk pengurusan perizinan dan permodalan untuk mulai berusaha juga telah dilakukan sebagai langkah melahirkan 10.000 wirausahawan baru.

Hal ini disampaikan secara jelas oleh Wakil Walikota Samarinda, Ir. H. Rusmadi Wongso, M.S., Ph.D saat menjadi salah satu narasumber utama dalam kegiatan “Virtual Training UMKM Bangkit di Masa Pandemi” yang pelaksanaannya diinsiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Mulawarman (UNMUL) melalui Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pengabdian Masyarakat (P2KPM).

“Selanjutnya, untuk langkah yang akan dan telah dilakukan Pemerintah Kota saat ini untuk melahirkan wirausahawan baru yakni membantu digitalisasi marketing dengan boarding UKM ke Market Place. Melakukan program Creative Business Incubator untuk mengembangkan bisnisnya atau scaling up pelaku bisnis yang telah berjalan agar bisa lebih berdaya saing. Dan yang terakhir menerapkan program “ASN Belanja Produk UKM Lokal”, untuk mendorong produk kreatif UKM,” tegas Alumni UNMUL ini dalam layar presentasi, Senin (26/07).

Selain Wakil Walikota, diruang yang sama secara bergantian narasumber lainnya memberikan materi pelatihan serta melakukan diskusi yang terbagi dalam Breakout Room Zoom diantaranya mengenai Digitalisasi Marketing, Standarisasi Produk Pangan dan Non Pangan, Pengelolaan Keuangan UMKM, Legalitas Izin Produk dan Usaha, juga tidak ketinggalan Pengelolaan Usaha di UNMUL.

Sebelumnya, Rektor UNMUL, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si mengapresiasi kegiatan yang direncanakan akan berlangsung hingga Rabu, (28/07) ini dengan berbagai materi pelatihan yang dihadiri secara virtual melalui Platform Zoom Cloud Meeting, 199 pelaku UMKM dan ratusan mahasiwa Kuliah Kerja Nyata Tematik Angkatan 47 UNMUL. (hms/frn)

Tanggal : 26 Juli 2021

Universitas Mulawarman