Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

ULT UNMUL Gelar Sosialiasi Keterbukaan Informasi Publik dan Pembentukan PPID Pelasana Fakultas

Unit Layanan Terpadu (ULT) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan sosialisasi keterbukaan informasi publik dan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Fakultas dan Unit di Lingkungan UNMUL. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Gedung Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si., UNMUL HUB, Senin (20/11/2023).

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Rektor UNMUL yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Ir. Nataniel Dengen, S.Si., M.Si. Dalam sambutannya Dr. Nataniel menyampaikan melalui kegiatan sosialiasi keterbukaan informasi publik ini, UNMUL bisa memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat. “Bukan berarti, yang terkait dengan peraturan dan undang-undang kerahasiaan negara juga tidak boleh dibuka. Tapi apa yang wajib kita sampaikan sesuai peraturan yang ada ini harus segera kita sampaikan dan buka kepada publik,” beber Dr. Nataniel.

Terkait barang dan jasa, lanjutnya, ini harus dibuka. Terkait list kegiatan juga harus disampaikan. “Kepada semua unit atau fakultas supaya rekapitulasi anggaran itu di buka ke publik, yang mesti harus diketahui oleh masyarakat, khususnya di Lingkungan UNMUL. Supaya kita memahami apakah yang kita lakukan ini semua bisa berjalan sesuai dengan perencanaan atau renstra yang sudah ditetapkan oleh universitas maupun unit terkait. Terkait dengan kebijakan ini bapak dan ibu salah satu hal yang bisa kita lakukan itu bagaimana memanfaatkan ULT itu satu pintu. Menyampaikan data-data dan indormasi yang ada disampaikan ke publik. Saat ini kita tugaskan ULT UNMUL untuk melaksanakan kegiatan tersebut,” jelas Dr. Nataniel.

Sementara narasumber mengenai paparan pentingnya keterbukaan informasi publik di perguruan tinggi disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur, Ramaon Dearnov Saragih. Paparan tentang PPID sebagai komitmen lembaga dalam keterbukaan informasi publik di jelaskan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, H. M. Faisal, S.Sos., M.Si. Sedangkan moderatornya adalah Enny Fathurachmi, S.IP., M.Si. (hms/zul)

Foto: Sulkarnain

Tanggal : 20 November 2023

Universitas Mulawarman