Universitas Mulawarman

Berita

Universitas Mulawarman

UKM PSHT Komisariat UNMUL Adakan Kejurnas ke-II

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Komisariat Universitas Mulawarman (UNMUL) menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang ke-II. Kegiatan yang dilaksanakan di GOR 27 September UNMUL diperuntukkan untuk remaja dan dewasa. Pelaksanaan dari kegiatan kejurnas ini dari tanggal 7 hingga 11 Oktober 2019.

Nor Wahyudi selaku Ketua Panitia kegiatan melaporkan bahwa acara ini merupakan pelaksanaan 2 tahunan UKM PSHT UNMUL, yang diikuti sebanyak 17 kontingen dengan tema “Bangkit Pemuda Raih Prestasi Kejurnas dan Lestari Pencak Silat Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa”. Dengan kategori yang diikuti meliputi fighter dan seni, usia remaja dan dewasa.

Ketua Umum UKM PSHT UNMUL Wisnu Juliansyah menyampaikan Kerjurnas UKM PSHT adalah upaya dalam peningkatan atlet-atlet khususnya UKM PSHT agar dapat bersaing dan berkancah di tingkat regional maupun nasional. “Saya mengharapkan kepada seluruh peserta baik remaja ataupun dewasa dapat memberikan yang terbaik. Supaya bisa menjadi hasil yang terbaik dan mendapatkan prestasi yang lebih meningkat. Apapun hasil yang didapat adalah buah dari usaha dan doa, tetap semangat dan terus memotivasi diri kalian,” pintanya.

Kemudian dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Timur (Kaltim) yang wakili oleh Ketua IPSI Kota Samarinda Dr. H. Asli Nuryadin, S.Pd., M.M, dalam sambutannya mengatakan generasi muda kita cukup banyak di Samarinda.

“Di Samarinda ini ada kurang lebih 26 perguruan silat tapi yang resmi itu ada sekitar 16 perguruan silat dan PSHT ini cukup besar. Selamat dan sukses kepada panitia yang rutin menyelenggarakan kegiatan ini, khususnya dari UKM PSHT UNMUL. Silat ini cukup dominan selain sebagai budaya bangsa kita yang harus kita lestarikan. Silat ini juga ada penguatan karakter kebatinan kita,” ucapnya.

Sementara, Rektor UNMUL yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, M.P berharap akan muncul prestasi-prestasi yang membanggakan dari segenap atlet yang mengikuti acara ini baik pada level perguruan tinggi maupun juga yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Di UKM PSHT UNMUL ini, lanjut Dr. Encik memang sudah memiliki satu tradisi yang mengutamakan prestasi karena beberapa kali dalam even nasionalpun dan internasional, kawan-kawan dari UNMUL sudah memiliki reputasi yang baik. “Hal ini juga ingin ditularkan dan disampaikan kepada kita semua agar yang menjadi pengalaman anak-anak kami di UNMUL yang mengikuti ajang internasional itu juga bisa menjadi penyemangat dan motivasi bagi semua peserta,” pungkasnya. (hms/zul)

 

Foto: Hartanto

Tanggal : 09 Oktober 2019

Universitas Mulawarman